15 July 2024
Indeks

Perbarindo dan Dekranasda Sultra Tetapkan Tenun Tolaki dan Mekongga Jadi Seragam BPR Bahteramas

  • Bagikan
FASHION SHOW - Perbarindo Sultra bersama Dekranasda Sultra menetapkan tenun Tolaki dan Mekongga menjadi seragam karyawan BPR Bahteramas se-Sultra. Penetapan tersebut dilakukan usai pagelaran fashion show tenun adat yang digelar di Kolaka pada 26 Mei 2024. (Foto: Istimewa).

SULTRATOP.COM, KOLAKA – Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sultra menetapkan tenun Tolaki dan Mekongga menjadi seragam karyawan BPR Bahteramas se-Sultra.

Penetapan tersebut dilakukan usai pagelaran fashion show tenun adat yang digelar pada peringatan Hari BPR-BPR Syariah Nasional di Kabupaten Kolaka pada 26 Mei 2024.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Ada 12 desain pakaian adat tenun dibawakan 24 orang karyawan perwakilan masing-masing BPR Bahteramas di Sultra, dan berdasarkan hasil penilaian dewan juri, BPR Bahteramas Kendari sebagai juara satu untuk seragam karyawan perempuan yakni tenun Tolaki dan BPR Bahteramas Kolaka sebagai juara satu untuk seragam karyawan laki-laki yakni tenun Mekongga.

Ketua DPD Perbarindo Sultra Ahmat mengatakan, penggunaan tenun adat sebagai seragam karyawan merupakan wujud kepedulian dan sinergi Perbarindo bersama Dekranasda dalam rangka menjaga, melindungi, dan melestarikan tenun di Sultra.

Selain itu, bisa menjadi wadah promosi warisan budaya lokal. Lebih luas dampak yang diharapkan adalah bagaimana tenun di Sultra semakin dikenal di kancah nasional hingga internasional.

Kemudian kata Direktur Utama (BPR) Bahteramas Konawe itu bahwa hal tersebut juga tentu akan mendorong pelaku UMKM sektor ekonomi kreatif yakni perajin tenun bisa terus tumbuh dan berkembang.

“Insyaallah dalam waktu dekat ini implementasi penggunaan tenun kita akan terapkan,” ujarnya.

Seluruh peserta fashion show yang diperagakan 24 orang karyawan BPR Bahteramas se-Sultra pada Hari Puncak BPR-BPRS Nasional di Kolaka, 26 Mei 2024. (Foto: Istimewa)

Kemudian, Ketua Dekranasda Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio melalui Sekretaris Dekranasda Sultra Herawati Muchlisi menjelaskan, penggunaan tenun sebagai seragam karyawan BPR Bahteramas ini merupakan hal yang patut diapresiasi. Ia menilai, dukungan terhadap ekonomi kreatif merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen pemerintah tanpa terkecuali.

Kata dia, Dekranasda Sultra terus mendorong agar pelaku ekonomi kreatif di bidang tenun terus berkembang serta melalui event daerah seperti yang digelar BPR Bahteramas mampu menjadi ajang promosi mengenalkan keberagaman tenun yang ada di Sultra.

Sebagai informasi, kegiatan fashion show yang digelar ini turut disaksikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI Bahtra, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra Arjaya Dwi Raya, jajaran pejabat lingkup Pemkab Kolaka, jajaran direksi BPR se-Sultra serta pengurus Dekranasda Sultra dan kabupaten. (—–)

Penulis: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan