15 July 2024
Indeks

Pemkab Mubar Pusatkan Pelaksanaan Salat Iduladha di Tiworo Tengah

  • Bagikan
Sekda Mubar, LM Husein Tali memimpin rapat pemantapan pelaksanaan salat Iduladha 10 Dzulhijah 1445 Hijiriah/ 2024 Masehi. (Foto: Ist)

SULTRATOP.COM, MUNA BARAT – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Pemkab Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) memusatkan lokasi pelaksanaan salat Iduladha 1445 Hijriah di lapangan Sepak Bola Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tiworo Tengah, pada Senin (17/6/2024).

Pada pelaksanaan salat id nanti, yang bertindak sebagai imam salat adalah Ustaz Masrur yang juga imam Masjid Desa Mekar Jaya. Sementara, yang bertindak sebagai khatib nanti adalah Kepala KUA Kecamatan Tiworo Utara, Muhammad Aldi, Lc.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Untuk salat Iduladha ini, gilirannya Tiworo Raya yakni kita pusatkan di lapangan sepak bola Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tiworo Tengah. Jadi, untuk lokasi pelaksanaan salat id ini di Mubar setiap tahun memang berubah-ubah,” kata Sekda Mubar, LM Husein Tali saat memimpin rapat pemantapan pelaksanaan salat id, Kamis (13/6/2024).

Husien Tali menjelaskan untuk pelaksanaan salat id baik Idulfitri ataupun Iduladha memang setiap tahun pemerintah mengubah lokasinya. Sebab, sudah menjadi kebijakan Pemkab Mubar ingin mendekatkan diri kepada masyarakat yang ada di tiga wilayah besar di Mubar.

“Jadi, memang setiap tahunnya lokasi salat id ini kita gilir di tiga wilayah besar di Mubar yakni Lawa Raya, Tiworo Raya, dan Kusambi Raya,” ucapnya.

Husein Tali meminta kepada pemerintah kecamatan dan desa untuk segera melakukan pembersihan di lapangan tersebut. Selain itu, meminta panitia untuk menyiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan pada salat id nanti.

Selain salat id di Mekar Jaya, Pemkab Mubar juga memperbolehkan masyarakat untuk melaksanakan salat di masjid, musala dan lapangan terbuka di kecamatan atau desa masing-masing.

Camat Tiworo Tengah, H Rahman Saleh mengucapkan terima kasih atas ditunjuknya Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tiworo Tengah sebagai lokasi pelaksanaan salat Iduladha tahun ini.

“Insyaallah, Tiworo Tengah tepatnya Desa Mekar Jaya siap menjadi lokasi pelaksanaan salat Iduladha ini. Untuk pembersihan lapangan sepak bola, sejak jauh hari sebelumnya sudah dibersihkan, rumputnya sudah dipotong,” ucapnya.

Terkait hewan ternak, Rahman menegaskan di Desa Mekar Jaya tidak ada hewan ternak yang berkeliaran, baik di jalan maupun lapangan sepak bola. Khusus, di Desa Mekar Jaya ini pemilik hewan ternak memilih mengandangkan sapi-sapinya.

Rahman juga menyampaikan apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat agar Tiworo Tengah dapat ditunjuk sebagai lokasi pelaksanaan salat Idulfitri. Sebab, selama ini Tiworo Tengah selalu hanya ditunjuk sebagai lokasi pelaksanaan salat Iduladha saja. (—)

Kontributor: Adin

Editor: Ilham Surahmin 

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan