23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Komisi XI DPR RI Serahkan Penghargaan Nasional ke BPR Bahteramas Konawe

  • Bagikan
Komisi XI DPR RI Serahkan Penghargaan Nasional ke BPR Bahteramas Konawe
PENGHARGAAN - Direktur Utama Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas Konawe Ahmat (tengah) saat menerima penghargaan dari Wakil Ketua Komisi XI Fathan Sauki dan Anggota Indah Kurniawati mewakili Chairman Info Bank Media Group Eko B. Supriyanto dalam acara The Asianpost Best Regional Champion 2024, Jumat (31/5/2024) di Kuta, Bali. (BPR BAHTERAMAS FOR SULTRATOP.COM)

SULTRATOP.COM, BALI – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Sauki bersama anggota Indah Kurniawati mewakili Chairman Infobank Media Grup Eko B. Supriyanto menyerahkan penghargaan kepada Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Bahteramas Konawe sebagai top 29 Bank Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik 2024 dengan kategori aset Rp50 miliar hingga Rp100 miliar dalam acara “The Asiantpost Best Regional Champion 2024”, Jumat (31/5/2024) di Kuta, Bali.

Penghargaan atas raihan tersebut diterima langsung Direktur Utama (Dirut) BPR Bahteramas Konawe Ahmat disaksikan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba turut menyampaikan apresiasi kepada BPR Bahteramas Konawe atas prestasi tersebut. Menurutnya, dukungan BPR Bahteramas terhadap pembangunan daerah di Konawe memberikan andil yang besar.

Harmin menyebut, BPR Bahteramas patut untuk didorong dan didukung penuh oleh pemerintah karena bank tersebut merupakan bank milik daerah yang memberikan pelayanan akses keuangan dengan segmentasi pasarnya tersendiri. Tentu adanya hal tersebut BPR Bahteramas bisa terus tumbuh sehat.

“Kami bangga dengan prestasi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut BPR Bahteramas Konawe Ahmat mengatakan, capaian penghargaan ini merupakan konsistensi BPR Bahteramas Konawe dalam menjaga dan meningkatkan kinerja perusahaan. Kata dia, penghargaan serupa dari Infobank sudah diraih sebanyak 7 kali secara berturut-turut.

 

“Jadi ini salah bukti bahwa kinerja kami terus meningkat dan menunjukkan kualiatas dari BPR Bahteramas Konawe,” kata Ahmat kepada Sultratop.com, Minggu (2/6/2024) di Kendari.

Bahteramas Konawe sepanjang 2023 menunjukkan hasil yang memuaskan. Terhitung aset BPR Bahteramas Konawe tembus Rp110,1 miliar dengan pertumbuhan 57,8 persen dibanding raihan aset di 2022 Rp69,7 miliar.

Direktur Utama BPR Bahteramas Ahmat (kiri) bersama Pj Bupati Konawe Harmin Ramba usai menerima penghargaan dari Info Bank dan Asianpost di Kuta, Bali. (BPR BAHTERAMAS KONAWE FOR SULTRATOP.COM)

Pencapaian tersebut melebihi target Rencana Bisnis Bank (RBB) 2023 di angka Rp77,5 miliar. Bahkan menjadi yang tertinggi di Sultra dari 12 BPR Bahteramas yang ada.

Tak hanya pertumbuhan aset, realisasi kredit yang disalurkan posisi 2023 mengalami pertumbuhan 72 persen menjadi Rp65,6 miliar dari capaian 2022 sebesar Rp39 miliar. Peningkatan ini juga melampaui target RBB mereka di angka Rp43 miliar atau tercapai 154 persen.

Bahkan di tengah pertumbuhan kredit yang agresif, realisasi rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) BPR Konawe pada 2023 sangat rendah yakni 0,5 persen. Angka itu disebut mengalami penurunan signifikan dari target RBB di 0,8 persen dan dibandingkan realisasi 2022 sebesar 0,99 persen.

Sebagai informasi total pemenang dalam ajang ini sebanyak 56. Untuk klasifikasinya ada 17 bank umum milik pemerintah dalam hal ini BPD, 29 BPR yang terbagi dalam kategori aset dan memiliki kinerja terbaik 2023 dan menunjukkan pertumbuhan positif dan kondisi kesehatan bank yang baik, kemudian 7 Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPRS) dan 3 Perusahaan Penjaminan Daerah.

Penulis: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan