24 May 2024
Indeks

Kemenag Sultra Kolaborasi Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Hari Pendidikan Nasional

  • Bagikan
Kemenag Sultra Kolaborasi Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Hari Pendidikan Nasional
Proses penanaman 1.000 bibit pohon di sekitar teluk Kendari oleh Kemenag Sultra, GP Ansor, IAIN Kendari dan Pokja lintas agama Sultra dalam rangkaian hari pendidikan nasional di Kendari pada Kamis (2/5/2024).

SULTRATOP.COM, KENDARI – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan aksi penanaman bibit pohon mangrove di Kota Kendari pada momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5/2024).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra Muhamad Saleh mengatakan, kegiatan penanaman yang dipusatkan di sekitar Teluk Kendari tersebut berkolaborasi dengan GP Ansor, IAIN Kendari, dan pokja lintas agama Sultra.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Kolaborasi ini juga dalam rangka hari ulang tahun Gerakan Pemuda Ansor yang ke-90 tahun, sekaligus sebagai bagian dari memeriahkan Hari Pendidikan Nasional tingkat provinsi Sultra,” ungkapnya.

Ia menyebut bahwa kolaborasi penanaman pohon mangrove tersebut didasarkan pada ide yang sama antara Kanwil Kemenag Sultra dan GP Ansor. Saleh menuturkan bahwa kolaborasi sangat penting untuk membangun jaringan sehingga dengan sinkronisasi segala yang dijalankan bisa cepat tercapai.

Selain penanaman mangrove, dalam rangkaian Hari Pendidikan Nasional, Kanwil Kemenag Sultra juga mengadakan lomba seni madrasah yang melibatkan para siswa-siswi madrasah, guru dan tenaga kependidikan di Kota Kendari yang berkolaborasi dengan satgas 88 antiteror Polri Sultra.

Kemenag Sultra Kolaborasi Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Hari Pendidikan Nasional
Foto bersama sebelum proses penanaman bibit pohon mangrove.

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kanwil Kemenag Sultra juga berkolaborasi dengan Baznas untuk memberikan santunan kepada anak-anak yatim siswa-siswi madrasah berprestasi dan yang berasal dari keluarga tidak mampu sebanyak 21 orang.

Mantan Kabid Madrasah Kemenag Sultra itu mengatakan, kegiatan penanaman mangrove tersebut juga sesuai dengan SE Menteri Agama (Menag) Nomor 2 Tahun 2024 tentang fungsi penyuluh agama dan penghulu untuk melakukan dan mendukung program pemerintah yang salah satunya adalah pelestarian lingkungan.

Melalui penanaman mangrove tersebut, Saleh berharap masyarakat Kota Kendari mendapatkan udara yang segar dan bebas dari polusi mengingat jumlah pengguna kendaraan yang saat ini terbilang cukup banyak. (—-)

Kontributor: Ismu Samadhani



google news sultratop.com
  • Bagikan