13 July 2024
Indeks

Kakanwil Kemenag Sultra Imbau Jajarannya Doa Bersama dan Galang Donasi untuk Palestina

  • Bagikan
Muhammad Saleh.

SULTRATOP.COM, KENDARI – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Saleh mengimbau jajarannya melakukan doa bersama sekaligus menggalang donasi untuk Palestina.

Hal itu disampaikan Muhammad Saleh saat memimpin rapat virtual tentang solidaritas kepada bangsa Palestina, Jumat (10/11/2023).

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Imbauan tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Menteri Agama (Menag) Nomor 12 tahun 2023, yang terbit pada 9 November 2023 tentang aksi solidaritas dan doa bersama untuk Palestina.

Muhammad Saleh menginstruksikan kepada seluruh kepala kemenag kabupaten kota, kepala madrasah hingga kepala KUA dan seluruh jajaran Kemenag Sultra, termasuk guru PAI untuk segera menindaklanjuti edaran tersebut.

Kata dia, selain ditujukan pada seluruh jajaran Kemenag se-Indonesia, SE tersebut juga ditujukan kepada ketua atau pimpinan lembaga maupun organisasi kemasyarakatan (Ormas) keagamaan, pengelola rumah ibadah, dan seluruh umat beragama.

Untuk itu, ia juga mengimbau setiap satker di kemenag kabupaten kota agar memastikan keterlibatan setiap anggotanya baik ASN maupun non-ASN dalam penggalangan donasi untuk Palestina.

Saleh mengaku saat ini pihaknya tengah menggalang donasi melalui rekening donasi Palestina Kanwil Kemenag Sultra yang akan dibuka hingga 15 November 2023. Penggalangan donasi itu dilakukan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam SE Menag.

Pihaknya juga mempersilakan masyarakat yang ingin berpartisipasi juga dapat melalui kantor kemenag kabupaten kota masing-masing. Donasi yang terkumpul itu akan ditransfer ke rekening donasi Palestina Kanwil Kemenag Sultra.

Donasi tersebut nantinya akan ditransfer ke rekening donasi Palestina Kemenag RI untuk kemudian disalurkan langsung oleh Menag, Yaqut Cholil Qoumas kepada yang berhak menerimanya.

“Mari kita bersama-sama lakukan qunut nazilah dan salat gaib untuk mendoakan para korban konflik Palestina agar segera mendapatkan kedamaian, keadilan, dan kemerdekaannya,” tutup Saleh. (—-)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

Editor: Ilham Surahmin
  • Bagikan