23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Diki Nuralamsyah dan Riska Ayu Putri Terpilih sebagai Duta Bahasa Sultra 2024

  • Bagikan
Diki Nuralamsyah dan Riska Ayu Putri Terpilih sebagai Duta Bahasa Sultra 2024
Duta Bahasa terpilih 2024 bersama kepala kantor bahasa sultra serta beberapa pasangan duta Sultra (Foto Istimewa)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Pasangan Diki Nuralamsyah dan Riska Ayu Putri terpilih sebagai Duta Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2024 dalam malam penganugerahan Duta Bahasa Sultra, di salah satu hotel di Kendari pada Senin (3/6/2024) malam.

Diki merupakan HRD dari JILC, salah satu tempat bimbel di Kendari. Pada ajang ini ia mewakili Kota Kendari.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Sedangkan Riska merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo Kendari yang baru saja diwisuda pada Mei 2024. Riska juga mewakili Kota Kendari.

Kepala Kantor Bahasa Sultra Uniawati mengatakan, keduanya akan mewakili Sultra pada pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional Agustus 2024 nanti.

“Duta terpilih akan kami persiapkan mewakili Sultra menuju ke tingkat nasional. Persiapan yang dilakukan mulai dari krida hingga pengasahan bakat,” ujar Uniawati.

Ia berharap Duta Bahasa yang terpilih bisa menjadi representasi bagi para pemuda untuk bersama peduli terhadap pengembangan dan pembinaan serta pelestarian bahasa dan sastra.

Sementara Diki dan Riska mengaku akan terus memberikan yang terbaik sebagai Duta Bahasa Sultra 2024. Keduanya juga akan mempersiapkan yang terbaik dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Nasional.

Mereka memiliki tanggung jawab menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia dan sastra sebagaimana trigatra bangun bahasa, yakni utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing.

“Banyak yang perlu dipersiapkan. Mulai dari fisik, mental, pengetahuan serta keterampilan,” ujar Diki.

Begitu juga Riska mengatakan banyak hal yang perlu ia persiapkan sama seperti di tingkat provinsi, mulai dari krida, bakat, hingga pembicara publik.

Dengan visi dan misi yang sejalan, baik Diki maupun Riska beharap bisa bersama-sama meningkatkan literasi pada bidang sastra dan bahasa Indonesia di kalangan anak muda.

Serta menghadirkan berbagai program yang akan mendukung visi dan misi tersebut seperti story telling cerita-cerita daerah yang ada di Sultra menggunakan bahasa daerah.

Untuk diketahui, rangkaian tahapan pemilihan Duta Bahasa Sultra 2024 memakan waktu sekitar satu bulan, dimulai dari pendaftaran awal pada 5 Mei 2024 dan berakhir pada malam penganugerahan, 3 Juni 2024. (—-)

Kontributor: Putriani Amaliah

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan