26 May 2024
Indeks

BPR Bahteramas Konawe Siap Salurkan Rp10 Miliar untuk Pembiayaan Rumah

  • Bagikan
Direktur Utama BPR Bahteramas Konawe Ahmat (keempat dari kiri), Direktur Sekuritas dan Pembiayaan PT SMF Haliantopo (ketiga dari kanan) usai penandatangan perjanjian kerja sama Kredit Multi Guna (KMG) Perumahan didampingi Kepala Divisi Pembiayaan dan Koorporasi PT SMF Wodya Estiningrum (kedua dari kanan), Manager Pemasaran BPR Bahteramas Konawe Hardianto (ketiga dari kiri) bersama staf PT SMF di Resort Canna Bali, Rabu (18/10/2023). (Foto: Istimewa)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Bahteramas Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) siap menyalurkan dana Rp10 miliar untuk melayani pembiayaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Direktur Utama BPR Bahteramas Konawe Ahmat menjelaskan, produk pembiayaan rumah ini melalui skema kerja sama Kredit Multi Guna (KMG) perumahan antara BPR Bahteramas Konawe dan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) yang sudah berlangsung sejak 2022 dengan nilai Rp3 miliar.

Iklan Astra Honda Sultratop

Tahun ini, angka platformnya menjadi Rp10 milliar dan sudah dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama KMG perumahan antara kedua pihak di Resort Canna Bali, 18 Oktober 2023.

“Alhamdulilah ada peningkatan nilai platform tahun ini, dan ini menjadi bukti bahwa BPR Bahteramas Konawe menunjukkan berkontribusi dalam membantu program pemerintah memenuhi kebutuhan rumah layak huni untuk masyarakat berpenghasilan rendah,” kata Ahmat kepada Sultratop.com, Kamis (19/10/2023).

Ketua DPD Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sultra ini menjelaskan, pihaknya berkomitmen memegang penuh kepercayaan yang diberikan PT SMF kepada BPR Bahteramas Konawe dengan memberikan layanan maksimal untuk pembelian rumah, renovasi, pembelian lahan, dan perbaikan sanitasi perumahan.

Selain itu ia mengakui dengan adanya produk KMG Perumahaan ini memberikan dampak terhadap kinerja BPR Bahteramas Konawe. Berdasarkan portofolio perusahaan, sumbangsihnya 20 persen terhadap pertumbuhan aset BPR Bahteramas Konawe menjadi sekitar Rp60 miliar.

“Tahun lalu 3 miliar rupiah terserap 100 persen. Artinya banyak permintaan, kami yakin nilai platform yang baru ini bisa terserap 100 persen hingga semester 1 tahun depan,” kata Ahmat.

Meski begitu, Ahmat menegaskan bahwa dalam proses penyaluran kredit ini bank tetap menjalankan prinsip kehati-hatian, sehingga kredit perumahan ini tetap tumbuh sehat.

Direktur Utama BPR Bahteramas Konawe Ahmat dam Direktur Sekuritas dan Pembiayaan PT SMF Haliantopo saat menandatangani perjanjian kerja sama KMG Perumahan. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Direktur Sekuritas dan Pembiayaan PT SMF Haliantopo berharap BPR Bahteramas Konawe bisa menjalankan dengan baik peluang penyaluran kredit perumahan bagi masyarakat di Sultra.

Ia juga mengapresiasi bank tersebut atas pencapaian penyaluran platform kredit sebelumnya yang sudah mencapai 100 persen, dan saat ini kreditnya berjalan baik dan dalam kondisi sehat.

Untuk diketahui kegiatan ini juga dihadiri Kepala Divisi Pembiayaan dan Koorporasi PT SMF Widya Estiningrum beserta staf. Kemudian, Manager Pemasaran BPR Bahteramas Konawe Hardianto. (—-)



google news sultratop.com
  • Bagikan