13 April 2024
Indeks

Dirut BPR Bahteramas Konawe Jadi Pemateri di Business Clinic yang Digelar BEM STIE 66

  • Bagikan
Direktur Utama BPR Bahteramas Konawe Ahmat saat membawakan materi dalam acara Business Clinic yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari, Sabtu (15/7/2023) (Foto: Istimewa)

SULTRATOP.COM – Direktur Utama (Dirut) Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Bahteramas Konawe, Ahmat menjadi pemateri dalam acara Business Clinic yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari, Sabtu (15/7/2023).

Ketua Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sulawesi Tenggara (Sultra) itu membawakan materi tentang pentingnya aspek hukum dan legalitas pada bisnis UMKM untuk mengakses permodalan di industri jasa keuangan.

Iklan Astra Honda Sultratop

Ia menjelaskan secara rinci kepada peserta kegiatan bagaimana proses pendanaan/modal bagi pelaku usaha, khususnya UMKM yang bisa diakses melalui perbankan.

Selain itu, ia juga menyampaikan terkait kiat-kiat dalam mendorong keinginan berwirausaha bagi mahasiswa, serta memberikan pemahaman bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis/usaha sehingga bisa tumbuh dan berkembang.

Sedangkan untuk akses legalitas hukum mengenai panduan pendirian badan hukum PT Perorangan bagi UMKM dibawakan oleh tim dari Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sultra, Mim Nasrah Rasyid.

“Saya hadir sebagai praktisi ekonomi disini, dan tentunya saya berharap para peserta dapat memahami seperti apa akses permodalan di bank serta bagaimana memulai dan mengembangkan usaha,” kata Dirut BPR Bahteramas Konawe, Ahmat melalui sambungan telepon seluler, Minggu (16/7/2023).

Dirut BPR Bahteramas Konawe Jadi Pemateri di Business Clinic yang Digelar BEM STIE 66
Foto bersama Direktur Utama BPR Bahteramas Konawe Ahmat bersama peserta serta panitia pelaksana kegiatan Business Clinic yang digelar BEM STIE 66 Kendari. (Foto: Istimewa)

Ketua panitia kegiatan Arsalim menyebutkan, kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi. Selain kedua materi di atas, dalam acara ini juga digelar sosialisasi pemanfaatan teknologi QRIS pada transaksi bisnis UMKM. Kemudian peserta juga diberikan merchandise dan doorprize yang diundi di ujung acara.

“Untuk jumlah peserta 100 orang yang terdiri dari mahasiswa dan pelaku UMKM,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan yang mengangkat tema peningkatan kualitas UMKM dan edukasi legalitas bisnis dibuka langsung Pembina UMKM Center STIE 66 Kendari, Ummy Kalsum.

Ummy Kalsum dalam sambutannya berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi peserta dan bisa diimplementasikan dalam kegiatan bisnis atau usaha mereka.

Selanjutnya kegiatan materi dimoderatori oleh Sarmawan dan Celsiyana serta dihadiri Ketua BEM STIE 66 Kendari Ibrahmi Latif. (—-)



google news sultratop.com
  • Bagikan