19 April 2024
Indeks

BI Sultra Launching Program SERAMBI 2024 untuk Layanan Penukaran Uang di 90 Titik

  • Bagikan
Kick off program SERAMBI 2024 oleh Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra, Doni Septadijaya di salah satu mal di Kota Kendari pada Senin (18/3/2024).(Ismu/Sultratop.com)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melaunching program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 untuk layanan penukaran uang di 90 titik yang ada di Sultra.

Program tersebut dilaunching di salah satu mal di Kota Kendari pada Senin (18/3/2024) melalui pelepasan mobil perbankan yang akan membuka pelayanan penukaran uang rupiah kecil.

Iklan Astra Honda Sultratop

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra, Doni Septadijaya, mengatakan, untuk bisa menjangkau masyarakat luas di seluruh wilayah Sultra, BI bekerja sama dengan seluruh perbankan yang ada.

“Ini bukan hanya kegiatan penukaran saja. Tetapi juga edukasi kepada masyarakat terkait dengan keuangan agar dapat merawat rupiah. Makanya kita juga bekerja sama dengan OJK,” tuturnya.

Kata Doni, pada program SERAMBI 2024 di Sultra, pihaknya menyiapkan uang layak edar (ULE) sebanyak Rp1,9 triliun. Persyaratan untuk penukaran uang kecil tersebut hanya menggunakan KTP dan registrasi online melalui aplikasi PINTAR.

BI juga memberikan opsi penukaran uang kecil melalui kas keliling di lokasi-lokasi strategis seperti pasar tradisional dan pasar modern.

Selain itu, ada layanan penukaran terpadu yang dipusatkan di aula Korem 143 Haluoleo bersamaan dengan pelaksanaan pasar murah agar masyarakat dapat belanja dengan harga terjangkau pada 25 Maret hingga 4 April 2024.

Kegiatan penukaran uang kecil tersebut akan berlangsung hingga 5 April 2024. Khusus untuk wilayah kepulauan, penukaran uang pecahan kecil dapat dilakukan melalui perbankan yang ada di wilayah masing-masing.

Masyarakat dapat melakukan penukaran uang rupiah mulai dari pecahan Rp1.000 hingga Rp50 ribu di layanan kas keliling BI dengan nominal Rp4 juta. Sementara itu penukaran di kantor perbankan maksimal sebesar Rp3,7 juta.

Untuk mempercepat proses layanan penukaran, masyarakat diimbau untuk segera melakukan pendaftaran pada situs https://pintar.bi.go.id satu hari sebelum penukaran.

Melalui situs tersebut, pendaftar dapat mengisikan jumlah pecahan yang akan ditukarkan dan lokasi tujuan penukaran, lalu pendaftar akan memperoleh e-mail konfirmasi yang akan ditunjukkan pada petugas saat penukaran uang rupiah. (—–)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan