19 April 2024
Indeks

Wacana AJP-Razak di Pilwali Kendari Bergulir, Aksan Bicara soal Fakta Politik

  • Bagikan
Aksan Jaya Putra

SULTRATOP.COM, KENDARI – Wacana Aksan Jaya Putra dan Abdul Razak (AJP-Razak) yang bakal berdampingan dalam Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari terus bergulir.

AJP mengatakan sampai saat ini komunikasi dengan Abdul Razak terus berjalan. Kata dia, tidak ada perubahan bahwa dirinya sebagai 01 dan Abdul Razak wakil atau 02.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Kita harus liat fakta politik hari ini. PPP dalam Pilcaleg Kota Kendari kemarin hanya satu kursi, jadi secara fakta ya tidak bisa mengusung,” kata Aksan ditemui dalam acara buka bersama di kediamannya, Minggu (31/3/2024).

Sehingga Aksan enggan berkomentar apabila Abdul Razak tetap maju sebagai 01 dengan modal elektabilitas yang masih cukup tinggi dibanding calon lainnya.

Selain itu, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini menjelaskan, ia akan mendaftar pada penjaringan bakal calon wali kota di sejumlah partai yang memberikan ruang untuk itu. Salah satunya PDI Perjuangan.

Soal wakil, AJP juga menyebutkan sudah ada beberapa parpol yang menawarkan nama calon wakilnya. Salah satunya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ada 4 nama.

Sementara itu, Abdul Razak dalam acara konferensi pers di Kantor DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sultra mengatakan, komunikasi dengan berbagai partai politik terus berjalan.

Terkait pertemuan dengan AJP ia mengatakan, hal tersebut bukan kesepakatan yang menentukan apakah ia siap menjadi 02. Melainkan untuk membangun komunikasi politik biasa saja.

“Saya pernah partai hanya 1 kursi di DPRD, tapi tetap maju sebagai 01 karena saya didukung oleh partai lain. Saya masih konsisten untuk maju sebagai 01,” ujarnya.

Sebagai informasi, Ketua DPD I Golkar Sultra Herry Asiku berharap kader partainya La Ode Muhammad Inarto menjadi Ketua DPRD Kendari dan AJP kembali bertarung untuk menjadi Wali Kota Kendari pada Pilkada 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Herry Asiku usai buka puasa bersama di Kendari pada Senin (25/3/2024). Kata dia, komunikasi antara DPD I dan DPD II saat ini baik-baik saja dan tidak membenarkan bahwa pintu Golkar di pilwali telah dikunci untuk salah satu kandidat saja.

Kemudian AJP juga telah memegang surat tugas dari DPP Golkar untuk bertarung dalam Pilwali Kendari sejak akhir 2023 kemarin. (—–)

Penulis: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan