15 July 2024
Indeks

Prodi S-1 Kesmas UMW Kendari Perkuat Promosi Kesehatan secara Digital

  • Bagikan
SEMINAR - Prodi Sarjana Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari menggelar seminar tentang program promosi kesehatan sebagai bentuk pemenuhan terhadap mata kuliah generik kompetensi di Aula Lantai III UMW Kendari, 3 Juli 2024. (Foto: ISTIMEWA)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Program Studi (Prodi) Sarjana Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari menggelar seminar tentang program promosi kesehatan sebagai bentuk pemenuhan terhadap mata kuliah generik kompetensi, di aula Lantai III UMW Kendari, 3 Juli 2024.

Ketua Prodi S-1 Kesmas UMW Kendari Erwin Azizi Jayadipraja mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan pada peminatan kelas Promosi Kesehatan. Dengan tema seminar “Strategi Transformasi Digitalisasi Program Promosi Kesehatan”.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Kata Erwin, kegiatan ini sebagai bentuk komitmen kampus untuk menjawab perubahan program promosi kesehatan yang konvensional ke arah digital berbasis internet dengan jangkauan yang lebih luas dan mudah diakses.

Ia melanjutkan, perkembangan zaman juga menuntut agar promosi kesehatan berkembang sesuai dengan konteks kekinian untuk mengatasi masalah kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat menjadi lebih optimal dengan pendekatan yang lebih kekinian.

Selain itu, seminar ini bertujuan agar mahasiswa ataupun audiens yang ikut pada kegiatan seminar ini memahami bagaimana membuat sebuah promosi kesehatan dengan substansi ilmu promosi kesehatan yang tepat, penggunaan komunikasi yang baik dan efektif serta memanfaatkan media digital yang berkembang. Agar lebih menarik dan mudah maka dibutuhkan teknik membuat gambar baik itu fotografi atau melalui video.

Peserta seminar yang hadir berjumlah 102 orang. Kesemuanya adalah mahasiswa UMW Kendari mulai dari angkatan 2023- 2024.

Ada tiga narasumber yang dihadirkan dalam seminar ini. Mereka berasal dari disiplin ilmu yang berbeda, namun telah teruji kompetennya di bidang masing-masing.

Narasumber pertama Andi Asri, dosen UMW dan merupakan dosen aktif yang mengajar ilmu promosi kesehatan. Ia berbicara masalah promosi kesehatan digital pada seminar tersebut.

Narasumber kedua dosen UHO Aswan Zanynu yang berbicara mengenai komunikasi yang efektif pada media digital dan non-digital.

Narasumber ketiga seorang fotografer dan videografer Arif Relano Oba. Ia berbicara mengenai fotografi dan film pada media promosi kesehatan.

Adapun poin-poin penting yang disampaikan dalam seminar yaitu promosi kesehatan digital, komunikasi yang efektif pada media digital dan nondigital, serta fotografi dan film pada media promosi kesehatan.

Dengan adanya kegiatan seminar ini diharapkan mahasiswa mampu membuat kegiatan yang dapat berbagi pengetahuan dan memperluas wawasan pada bidang promosi kesehatan digital.

Selain itu, sebagai bentuk bagian dari kemampuan mahasiswa untuk membangun jaringan dan berinteraksi dengan rekan sesama mahasiswa, dosen, pembicara tamu dan semua yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Sebagai bentuk pendorong pengembangan keterampilan dengan menghadirkan praktisi bagaimana mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi pada pengembangan disiplin ilmu kesehatan. (—)

Penulis: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan