23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Prodi Magister Kesmas UMW Kendari Sukses Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Tanggobu Konawe

  • Bagikan
Prodi Magister Kesmas UMW Kendari sukses menggelar kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Tanggobu, Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe pada Selasa, 11 Juni 2024. (Foto: Ist)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Program Studi (Prodi) Magister Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Mandala Waluya atau UMW Kendari sukses menggelar kegiatan pengabdian pada masyarakat (PKM) di Desa Tanggobu, Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe pada Selasa, 11 Juni 2024.

Ketua Tim PKM Magister Kesmas UMW Kendari, Sartini Risky, mengatakan, tema PKM di Desa Tanggobu adalah literasi health seeking behaviour atau perilaku mencari bantuan kesehatan. Ada tiga orang yang terlibat dalam setiap pengabdian.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Risky mengungkapkan, dalam kesehatan masyarakat, literasi kesehatan dianggap sebagai aset yang dapat mengurangi disparitas kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup seseorang.

“Individu dengan tingkat literasi yang rendah cenderung kurang membuat keputusan tentang kesehatan, seperti perilaku yang membahayakan kesehatan lebih buruk, biaya perawatan kesehatan yang lebih tinggi, dan status kesehatan yang buruk,” terang Risky pada sultratop.com.

Ia melanjutkan, berdasarkan analisis situasi tersebut, ada beberapa permasalahan yang diangkat dalam kegiatan PKM ini seperti kurangnya edukasi masyarakat tentang pemanfaatan pelayanan kesehatan di Desa Tanggobu. Kemudian masih rendahnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat setempat tentang pemanfaatan pelayanan kesehatan.

“PKM berjalan dengan lancar, masyarakat yang menjadi sasaran sekitar 30 orang dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir,” ujarnya.

Risky berharap kegiatan PKM ini dapat menjadi solusi yang akan membantu masyarakat di Desa Tanggobu, Kecamatan Morosi dalam meningkatkan derajat kesehatan mereka. (—)

Penulis: Ilham Surahmin 

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan