15 July 2024
Indeks

Pilkada Muna Barat, La Ode Darwin Resmi Kantongi Rekomendasi dari PKB

  • Bagikan
Pilkada Muna Barat, La Ode Darwin Resmi Kantongi Rekomendasi dari PKB
Ketua DPW PKB Sultra, Jaelani saat menyerahkan rekomendasi dukungan dari DPP PKB kepada La Ode Darwin untuk maju di Pilkada Muna Barat. (Foto istimewa).

SULTRATOP.COM, MUNA BARAT – Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) memberikan rekomendasi kepada La Ode Darwin sebagai bakal calon kepala daerah (bacakada) untuk bertarung di Pilkada Kabupaten Muna Barat 2024.

Surat rekomendasi ini ditandatangani langsung oleh Ketua Tim Desk Pilkada DPP PKB Abdul Halim Iskandar, dan diserahkan oleh Ketua DPW PKB Sultra Jaelani kepada La Ode Darwin. Penyerahan rekomendasi ini dilaksanakan di kantor DPP PKB, Kamis (30/5/2024).

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Ketua DPW PKB Sultra Jaelani mengucapkan selamat kepada La Ode Darwin telah mendapatkan rekomendasi dari DPP PKB untuk tarung di Pilkada Muna Barat 2024. Kata dia, penyerahan rekomendasi tahap 1 ini merupakan bagian dari proses penjaringan calon kepala daerah yang dilaksanakan DPP PKB.

“Kita berharap rekomendasi ini dapat dimaksimalkan dengan baik. Rekomendasi ini menjadi modal bagi La Ode Darwin untuk melakukan komunikasi politik dengan partai lain,” kata Ketua DPW PKS Sultra, Jaelani dalam rilisnya.

Pada pemilu Februari 2024 lalu, kata Jaelani, PKB memperoleh tiga kursi di DPRD Muna Barat. Sementara, untuk mengusung satu pasangan calon masih membutuhkan satu kursi lagi. Syarat dukungan untuk mengusung calon yakni 20 persen atau 4 kursi.

Ia pun yakin La Ode Darwin dapat memaksimalkan komunikasi politik dengan partai lain agar bisa maju di Pilkada Muna Barat pada November 2024 nanti.

Jaelani mengungkapkan pada proses penjaringan balon bupati yang dilakukan oleh DPC PKB Muna Barat, hanya La Ode Darwin yang mendaftarkan diri. Untuk itu, mendaftarnya La Ode Darwin menjadi sinyal positif akan mendapatkan dukungan dari PKB.

“Kita tinggal tunggu saja tambahan dukungan dari partai lain untuk La Ode Darwin. Kita masih menunggu waktu dan mengikuti dulu prosesnya. Jika sudah final semua, baik wakil maupun partai pengusung lainnya, DPP PKB akan menerbitkan surat rekomendasi tahap 2 kepada La Ode Darwin untuk dibawa ke KPU saat mendaftar nantinya,” jelasnya.

Ia menjelaskan dalam memberikan dukungan kepada bakal calon kepala daerah, PKB memberikan berbagai pertimbangan. Misalnya, bakal calon resmi mendaftar di PKB serta memiliki komitmen yang sama dengan PKB dalam membangun daerah.

“Jadi, selain elektabilitas, banyak juga pertimbangan lain. Termasuk komitmen dengan PKB soal urusan keumatan,” ungkapnya.

Bang Jay sapaan akrabnya berharap dengan berbagai pertimbangan tersebut, PKB dapat menjadi partai pemenang di dalam kontestasi politik lima tahunan di Bumi Anoa. Selain itu, jika DPP PKB sudah resmi memberikan dukungan maka seluruh struktur dan organ diwajibkan memenangkan calon yang diusung.

Sementara itu, La Ode Darwin berterimakasih kepada DPP PKB yang memberikan dukungan kepada dirinya untuk maju di Pilkada Muna Barat. Kata DW, sapaan akrabnya, sejak awal dirinya serius untuk menjajaki komunikasi dengan PKB dan dibuktikan dengan bakal calon satu-satunya yang mendaftar di partai besutan Muhaimin Iskandar ini.

“Selanjutnya, saya juga akan membangun komunikasi politik yang baik dengan semua partai politik yang ada di Mubar. Hal ini sebagai bentuk keseriusan saya maju di Pilkada Mubar,” ucapnya.

DW mengaku dirinya memiliki pandangan yang sama dengan PKB untuk membangun daerah dari berbagai sektor. Salah satunya, memaksimalkan potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di Mubar.

“Kita punya potensi sumber daya alam yang besar. Tanah kita subur sehingga memungkinkan untuk pengembangan pertanian. Laut kita juga baik untuk meningkatkan produksi perikanan kita. Begitu pula dengan peternakan. Ini adalah salah satu fokus kita nanti dengan harapan pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat dari hasil tiga sektor tersebut,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa dirinya menginginkan Muna Barat jauh dari konflik akibat pilkada. Untuk itu, dirinya akan terus berupaya melakukan komunikasi politik yang baik dan intens dengan seluruh partai yang mempunyai kursi di DPRD.

“Saya tidak ingin tatanan sosial masyarakat kita dikorbankan akibat perbedaan pilihan politik. Olehnya itu, saya terus berupaya untuk membangun komunikasi politik dengan semua partai,” bebernya. (—-)

Kontributor: Adin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan