23 February 2024
Indeks

Pelantikan 11 Dewan Kecamatan, Apdesi Siap Satu Komando dengan Pj Bupati Mubar

  • Bagikan
Pelantikan 11 Dewan Kecamatan, Apdesi Siap Satu Komando dengan Pj Bupati Mubar
PELANTIKAN APDESI - Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo menghadiri pelantikan 11 Dewan Pimpinan Kecamatan (DKP) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) periode 2024-2029, Sabtu (20/1/2024).

SULTRATOP.COM, LAWORO – Sebanyak 11 Dewan Pimpinan Kecamatan (DKP) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Muna Barat (Mubar) periode 2024-2029 resmi dilantik, Sabtu (20/1/2024).

Pelantikan 11 DKP ini dihadiri langsung oleh Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo dengan didampingi beberapa Kepala OPD. Pelantikan ini juga berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor : 01/SK/DPC.APDESI/2024 tentang susunan Pengurus Dewan Pimpinan Kecamatan se-Kabupaten Muna Barat yang dibacakan oleh Sekretaris Apdesi Mubar, Sirajudin.

Iklan Astra Honda Sultratop

Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo mengucapkan selamat kepada 11 DKP Apdesi yang telah dilantik. Kata dia, Apdesi merupakan suatu lembaga desa, di mana lembaga ini sebagai tempat berhimpun guna mendorong percepatan, peningkatan dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Sebagai wadah organisasi desa, Apdesi diharapkan menjadi perekat untuk kepentingan desa, terutama pada aspek pembangunan di desa. Jadi, saya ucapkan selamat kepada seluruh dewan pimpinan kecamatan yang dilantik,” kata Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo.

Kata Staf Ahli Gubernur Sultra ini, pemerintah desa merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah daerah. Untuk itu, diharapkan peran-peran pemerintah desa sangat dibutuhkan untuk kemajuan dan kesejahteraan desa dan masyarakatnya.

“Pemerintah desa memiliki peran penting di desa. Olehnya itu, kita (pemerintah daerah) memberikan perhatian khusus untuk pembangunan desa dan kesejahteraan para perangkat desa. Salah satunya, pemberian tambahan insentif bagi RT dan RW, dan lainnya,” ungkapnya.

Apalagi, kebijakan yang diberikan oleh pemerintah daerah sudah sejalan dengan kebijakan Presiden RI. Pemerintah pusat memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk masyarakat, perangkat desa dan kepala desa.

“Untuk itu, Pemkab Mubar meminta para seluruh kepada desa terutama Apdesi untuk terus mengawal dan mensukseskan agenda pemerintah pusat. Guna kesinambungan prioritas pembangunan, dan tentunya sinergitas pemerintah pusat dan daerah dapat disokong oleh pemerintah desa untuk mewujudkan stabilitas daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Apdesi Mubar, Armaya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pj Bupati Muna Barat dalam pelantikan Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) ini. Ia juga menegaskan bahwa Apdesi Mubar akan terus seirama dan satu komando bersama Pj Bupati Mubar.

“Sesuai tema dari pelantikan ini adalah sinergitas pemerintah desa dan pemerintah daerah untuk mewujudkan Indonesia maju. Jadi, kita Apdesi Mubar satu komando dan tegak lurus bersama bapak Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo,” ucapnya.

Ia menjelaskan kata tegak lurus yang dimaksud adalah tegak lurus dalam artian melayani masyarakat. Menurutnya, apa yang menjadi kebijakan dari pemerintah daerah, pemerintah desa akan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Ketua DPK Apdesi Tikep, La Ode Ida mengatakan sepanjang organisasi Apdesi ini berdiri di Mubar sudah terjadi dua kali pergantian kepemimpinan. Namun, nanti saat ini DPK Apdesi Mubar baru saja dilantik dengan kahadiran Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo.

“Kita berharap pelantikan pengurus DPK Apdesi Mubar dapat membawa rahmat dalam kesolidaritas kita sebagai kepala desa. Lembaga Apdesi ini adalah lembaga besar di desa dan salah satu dewan pembinanya adalah Bupati Mubar. Tentunya, kita (Apdesi Mubar) akan satu garis komando dengan pimpinan. Apapun yang menjadi saran atau perintah, berarti itu adalah harus kita laksanakan dan tidak ada tawar menawar. Intinya, kita (Apdesi) satu komando dengan Pj Bupati Mubar,” tegasnya.

Mewakili seluruh pengurus DPK, La Ode Ida mengucapkan selamat bertugas kepada Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo di tanah kelahirannya. Ia berharap di tangan Pj Bupati Mubar dapat membawa perubahan dan warna terang yang besar untuk kemajuan

google news sultratop.com
  • Bagikan