23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Nelayan Dilaporkan Hilang di Perairan Karang Kapota Wakatobi, Perahu Ditemukan Berputar Tanpa Awak

  • Bagikan
Nelayan Dilaporkan Hilang di Perairan Karang Kapota Wakatobi, Perahu Ditemukan Berputar Tanpa Awak
Tim SAR yang akan melakukan pencarian terhadap nelayan hilang di perairan karang kapota, Wakatobi.(Istimewa)

SULTRATOP.COM, WAKATOBI – Seorang nelayan dilaporkan hilang di sekitar perairan karang kapota, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis (7/3/2024).

Nelayan tersebut diketahui bernama Ruasa (63), warga Desa Mola Nelayan Bakti, Kecamatan Wangi-wangi. Ia dilaporkan hilang oleh keluarganya, Isti kepada Comm Centre KPP Kendari pada pukul 20.13 WITA.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, Muhamad Arafah, mengatakan, pada 7 Februari, korban pergi menjala ikan di sekitar perairan karang kapota menggunakan longboat sekitar pukul 06.00 pagi.

Menurut pihak keluarga, kebiasaan korban kembali dari melaut sekitar pukul 16.30. Namun, sekitar pukul 13.12, longboat milik korban ditemukan oleh nelayan lainnya bernama Bonar di sekitaran perairan karang kapota dalam kondisi mesin hidup dan berputar tidak terkendali.

“Bonar kemudian membawa longboat milik korban tersebut menuju Desa Mola Bahari. Pencarian juga telah dilakukan oleh keluarga korban namun hasilnya nihil,” ungkap Muhamad Arafah.

Berdasarkan laporan yang diterima, pada pukul 20.30 tim rescue pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju lokasi terakhir korban diketahui dengan menggunakan perahu karet untuk memberikan bantuan SAR.

Jarak tempuh ke lokasi dengan pos SAR Wakatobi sekitar 29,6 km. Pencarian dilakukan dengan dukungan alat berupa truck personel, perahu karet, palsar evakuasi, palsar medis, aquaeye, peralatan komunikasi, dan peralatan pendukung keselamatan lainnya.

Hingga berita ini terbit, perkembangan pencarian terhadap korban hilang tersebut belum diketahui. (—–)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

  • Bagikan