19 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Menpan-RB Resmikan Mal Pelayanan Publik di Buton dan Kolaka

  • Bagikan
Peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) oleh Menpan-RB di Jakarta pada Senin (26/4/2024). (Foto: Ist)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Dua Mal Pelayanan Publik (MPP) di Sulawesi Tenggara (Sultra), tepatnya di Kabupaten Buton dan Kolaka telah diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB), Abdullah Azwar Anas secara serentak bersama 13 MPP dari provinsi lain di Jakarta pada Senin (24/6/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi Menpan-RB yang telah berkenan meresmikan MPP di wilayah Sultra.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Kata dia, dalam waktu dekat ada 3 MPP lagi yang akan diresmikan dan saat ini dalam tahap pembangunan yaitu di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Utara (Kolut), dan Kabupaten Muna Barat (Mubar).

“Dengan adanya MPP ini, diharapkan masyarakat Sultra dapat menikmati layanan publik yang lebih mudah, cepat, dan efisien,” ungkap Andap dalam keterangan resminya.

MPP adalah pengintegrasian pelayanan publik yang diberikan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN, BUMD serta swasta secara terpadu pada satu tempat sebagai upaya meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan, dan keamanan.

Hal itu merupakan amanat dari Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 89 Tahun 2021 serta Peraturan Menpan-RB Nomor 92 Tahun 2021 sebagai terobosan dan inovasi untuk mewujudkan pelayanan yang prima.

Dengan diresmikannya 2 MPP baru di wilayah Sultra, maka Sultra memiliki 6 MPP dari 17 kabupaten kota yang ada. Keenamnya yaitu di Kabupaten Bombana, Konawe, Buton, Kolaka, Kota Kendari, dan Kota Baubau.

Akan hal itu, Pemprov Sultra terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik.

Dalam laporannya, Plt Deputi Bidang Pelayanan Publik, Akik Dwi Suharto mengatakan, saat ini terdapat 191 MPP fisik yang telah berdiri di beberapa wilayah Indonesia. Dengan diresmikannya 15 MPP itu, total MPP fisik yang telah beroperasi mencapai 206. (—-)

Kontributor: Ismu Samadhani

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan