14 July 2024
Indeks

Masuki Hari Lebaran, Pendingin Mesin Kapal Malam Kendari–Raha Rusak di Tengah Laut

  • Bagikan
Penumpang kapal malam rute Kendari-Raha yang berlayar pada H-1 lebaran panik dan mengambil pelampung yang disediakan kapal.(Ismu/Sultratop.com)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Penumpang kapal malam rute Kendari–Raha, Agil Pratama 04 yang berlayar pada H-1 lebaran Iduladha berlari panik mengambil penampungan yang disediakan kapal.

Pasalnya, kapal tiba-tiba saja memperlambat lajunya dan terombang ambing dihantam gelombang laut. Kejadian tersebut terjadi di perairan Pulau Cempedak sekitar pukul 00.50 Wita, Senin (17/6/2024) atau sudah memasuki hari lebaran Iduladha.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Salah seorang penumpang, Irman mengatakan tidak mengetahui pasti penyebab kejadian tersebut. Namun, ia mengaku menghirup bau sesuatu yang terbakar.

“Tidak tau juga tadi kenapa. Kita masih tidur orang sudah lari-lari teriak ambil pelampung. Tapi saya cium ada bau terbakar,” ungkapnya.

Penumpang lainnya, Dadang mengaku dirinya beserta penumpang lain kaget karena kapal melambat disertai gas-gas mesin yang berulang. Ia panik karena kapal juga telah goyang dihantam ombak.

“Kita kira kapal dia tabrak karang atau dia terkandas di karang,” tuturnya.

Sontak kepanikan terjadi dalam kapal tersebut untuk beberapa saat. Keadaan kembali tenang setelah anak buah kapal (ABK) meyakinkan penumpang bahwa tidak terjadi keadaan yang begitu serius.

“Pendingin mesin sebelah kanan rusak. Tapi aman, semua tenang,” ucap salah seorang ABK kapal.

Kapal kembali melanjutkan perjalanan beberapa menit kemudian. Hantaman gelombang terhadap kapal dianggap wajar oleh penumpang karena perairan area Pulau Cempedak memang terkenal dengan gelombangnya.

Kapal tersebut tiba dan sandar dengan kondisi aman di Pelabuhan Nusantara Kota Raha sekitar pukul 04.50 Wita. Tidak ada korban jiwa ataupun kerugian materil dari penumpang atas kejadian tersebut. (—-)

Kontributor: Ismu Samadhani

  • Bagikan