15 July 2024
Indeks

KPU Kolaka Timur Resmi Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

  • Bagikan
KPU Kolaka Timur Resmi Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati
Foto bersama setelah acara launching tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur. (Foto: Ist)

SULTRATOP.COM, KOLAKA TIMUR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi meluncurkan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur, di lapangan Loea, Kecematan Loea, Kamis (20/6/2024) malam.

Ketua KPU Koltim Anhar mengatakan, peluncuran tahapan ini untuk menegaskan bahwa Koltim secara teknis penyelenggaraan telah siap melaksanakan berbagai tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan di selenggarakan pada Rabu, 27 November 2024.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Walau baru diluncurkan malam ini, namun beberapa proses tahapan sudah kita lakukan di antaranya pembentukan badan ad hoc serta akan melakukan pemutakhiran data pemilih tetap dari Mei sampai September serta pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada 24 Juni nanti,” terang Anhar dalam sambutannya.

Pihaknya berharap akan ada peningkatan partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 dari yang mulanya 85,7 persen pada Pemilu 2024 Februari lalu sehingga tercipta pesta demokrasi yang berkualitas sesuai dengan maskot Hora (Harapan Demokrasi) dan Hore (Rakyat Memilih).

“Saya berharap seluruh masyarakat Kolaka Timur berbondong-bondong datang ke TPS salurkan hak pilih sesuai dengan hati nurani serta kedepankan visi misi dan program kerja pasangan calon,” ujar Anhar.

Ketua KPU Sultra, Asril, yang turut hadir dalam peluncuran ini menyampaikan bahwa ada tiga unsur penting dalam proses penyelenggaraan pilkada yakni pemilih, yang dipilih serta penyelenggara.

Ia juga menyampaikan penyelenggaran tahapan Pilkada yakni pada 24 Juni pelantikan petugas pemutakhiran data untuk melakukan coklit data pemilih pada Pilkada 2024.

Kemudian 27-28 Agustus akan dilaksanakan proses pencalonan calon kepala daerah yang kemudian akan ditetapkan oleh KPU pada 22 September. Selanjutnya para calon kepala daerah akan melakukan kampanye mulai 25 September hingga 23 November.

Pihaknya juga mengharapkan partisipasi aktif dari para pemilih serta mengawal jalannya pesta demokrasi dengan bersih dan damai.

Sementara itu, Pj Bupati Koltim, Abdul Aziz mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga perdamaian selama masa pilkada serta sudah menjadi tugas seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah daerah (Pemda) untuk bersama menyukseskan Pilkada 2024.

“Saya ingin berpesan kepada kita semua bahwa pilkada hanya siklus 5 tahun kita berpolitik secukupnya, yang harus kita perkuat adalah pertemanan di antara kita, sehingga akselerasi pembangunan di Koltim bisa dipercepat dan ditunaikan,” tuturnya. (—)

Kontributor: M4
Editor: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan