25 July 2024
Indeks

Dinas Kehutanan Fokus Sediakan Bibit Tanaman, Gratis untuk Masyarakat Sultra

  • Bagikan
Dinas Kehutanan Sultra
La Ode Yulardhi

SULTRATOP.COM, KENDARI – Dinas Kehutanan (Dishut) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal fokus melakukan pembuatan bibit tanaman hutan di 2024 yang bakal digratiskan untuk seluruh masyarakat Sultra.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan (Dishut) Sultra, La Ode Yulardhi mengatakan bahwa tahun 2024 ini tidak ada program untuk penanaman, khususnya mangrove. Namun akan dialihkan dengan pembuatan bibit pohon hutan.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Kata dia, pembuatan bibit tersebut akan dilaksanakan oleh kurang lebih 20 Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) yang ada di Sultra bersama kelompok. Dishut Sultra memperkirakan bibit tersebut bisa ditanam pada 2025 oleh masyarakat.

“Untuk pembuatan hutan rakyat maupun kebutuhan-kebutuhan masyarakat luas, tapi kita namanya juga Dinas Kehutanan yah tanamannya tanaman kayu-kayuan seperti jati putih dan lainnya,” ucap Yulardhi saat ditemui di kantornya pada Jumat (26/1/2024).

Setelah dibuat persemaian bibitnya, KPH dan kelompok akan membuat bibit tersebut dan akan disosialisasikan bahwa bibit-bibit tersebut bisa dimanfaatkan semua masyarakat termasuk untuk penghijauan lingkungan.

“Jadi seperti kabupaten-kabupaten yang mau lakukan penghijauan lingkungan tidak pusing lagi cari bibit di mana, dan itu diberikan secara gratis. Nanti mereka tinggal datang ambil sendiri dengan mengisi data sesuai kebutuhannya supaya tidak disalahgunakan,” tambah Yulardhi.

Diakuinya bahwa saat ini sedang ada pendataan di masyarakat terkait jenis bibit pohon apa yang paling banyak dibutuhkan. Persemaian per-KPH ditargetkan sebanyak 30 ribu bibit sehingga Dishut Sultra akan menyiapkan 600 ribu bibit untuk 20 KPH yang ada di Sultra.

Dishut Sultra menyiapkan anggaran kurang lebih Rp100 juta untuk persemaian hingga menjadi bibit yang siap diedarkan untuk masyarakat.

Adapun 20 KPH yang dimaksud yaitu KPH Lasalimu, Kapontori, Wakonti, Lakompa, Katondoki, Pulau Muna, Gantara, Peropaea, Wawonii, Kabaena, Tina Orima, Gularaya, Laiwoi, Laiwoi Utara, Ladongi, Ueesi, Mekongga Utara, Mekongga Selatan, Patampanua Selatan, dan KPH Patampanua Utara. (*)

 

Penulis: M1

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan