24 May 2024
Indeks

Berlangsung Meriah, Begini Pembukaan MTQ Ke-V di Muna Barat

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Bupati Mubar, La Ode Butolo secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke–V dan MTQ Korpri Tingkat Kabupaten Muna Barat tahun 2024, yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, Jumat (1/3/2024).

SULTRATOP.COM, LAWA – Penjabat (Pj) Bupati Mubar, La Ode Butolo secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke–V dan MTQ Korpri Tingkat Kabupaten Muna Barat tahun 2024, di lapangan sepak bola Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, Jumat (1/3/2024).

Staf Ahli Gubernur Sultra ini mengatakan dengan gelaran MTQ ke-V ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk membangun generasi qur’ani yang cerdas, tangguh dan berakhlatul karimah menuju Muna Barat yang mandiri, sejahtera dan berdaya saing. Ia juga mengaku sangat takjub melihat animo masyarakat yang begitu semangat meskipun hujan.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Saya berharap dengan MTQ ini, dapat membangun generasi qur’ani yang cerdas, tangguh dan berakhlatul karimah menuju Muna Barat yang mandiri, sejahtera dan berdaya saing. Selain itu, dapat melahirkan Qori dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah untuk mewakili Mubar di MTQ tingkat provinsi nanti,” kata La Ode Butolo.

Menurutnya, MTQ ini mempunyai posisi yang sangat vital dalam rangka membangun mental, spiritual, dan akhlak bangsa. Untuk itu, melalui kegiatan ini, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk merefleksi, berzikir, dan bertafakur untuk membangun akhlak dan peradaban yang baik.

“MTQ ini tidak hanya sekedar peneguhan syiar Islam saja, tetapi dapat menjadi barometer untuk mengukur output masyarakat akan kecintaannya membaca al-qur’an. Sebab, al-qur’an dapat memberikan pencerahan bagi siapa saja yang membacanya serta dapat memberikan keteduhan batin bagi yang mengamalkannya,” tuturnya.

Untuk itu, atas nama Pemkab Mubar, pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan MTQ ke-V tingkat kabupaten ini.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Mubar, La Karimu menjelaskan MTQ tingkat Kabupaten Muna Barat ini dilaksanakan selama lima hari yakni mulai tanggal 1-6 Maret 2024, yang bertempat di lapangan sepak bola Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa. Sebelum dibukanya MTQ ini dirangkaikan dengan pawai ta’aruf yang diikuti oleh kafilah di 11 kecamatan dan seluruh OPD.

“Kita berharap dengan MTQ ini dapat melahirkan qori dan qoriah, dan lider-lider terbaik yang bisa mengangkat derajat Mubar dalam MTQ tingkat provinsi maupun nasional. Tentunya, siapapun yang menjadi juara pada MTQ ini akan mewakili Mubar pada ajang MTQ tingkat Provinsi Sultra (Sulawesi Tenggara),” tuturnya.

Ada beberapa cabang yang akan diperlombakan yakni cabang seni baca Qur’an, Qira’at Al-Qur’an, cabang hafalan Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an, seni kaligrafi Qur’an, syarh Qur’an, fahm Qur’an, karya tulis ilmiah alquran (KTIQ), dan cabang eksibisi.

Pengambilan Sumpah Dewan Hakim

Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo melantik dan mengambil sumpah dewan hakim yang akan menjadi juri pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke–V dan MTQ Korpri Tingkat Kabupaten Muna Barat tahun 2024.

Kata Butolo, ia yakin dan percaya bahwa dewan hakim yang diambil sumpahnya merupakan orang-orang pilihan yang profesional dalam melaksanakan tugas. Untuk itu, ia berpesan kepada dewan hakim agar objektif, sportif dengan menjunjung tinggi sifat amanah, dan hasil dari MTQ ini dapat dipertanggungjawabkan.

Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo melantik dan mengambil sumpah dewan hakim pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke – V dan MTQ Korpri Tingkat Kabupaten Muna Barat tahun 2024.

“Saya harapkan dewan hakim menjunjung tinggi kode etik perhakiman dalam melaksanakan tugasnya. Haruslah bersikap objektif, tidak ada tendensi ang akan mengakibatkan munculnya tanggapan, opini publik serta diksi yang negatif terhadap sistem penilaian yang dilakukan,” ungkapnya.

Sebab, kata dia, hasil akhir dari penilaian ini akan menjadi tolok ukur bagi qari dan qariah yang berhasil menjadi yang terbaik dalam MTQ kali ini dan akan dikutsertakan pada MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

“Atas nama Pemkab Mubar, saya secara penuh melimpahkan tugas dan tanggung jawab penilaian terhadap para peserta MTQ ini. Saya berharap para dewan hakim untuk tidak terintervensi oleh pihak manapun dalam melakukan penilaian,” ucapnya.

Puluhan Kafilah Pawai Ta’ruf Meriahkan Pembukaan MTQ

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke–V dan MTQ Korpri Tingkat Kabupaten Muna Barat tahun 2024, dilaksanakan di lapangan sepak bola Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, Jumat (1/3/2024).

Rombongan kafilah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat saat mengikuti pawai ta’aruf pada pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke – V dan MTQ Korpri Tingkat Kabupaten Muna Barat tahun 2024.

Kegiatan MTQ ini diawali dengan digelarnya Pawai Ta’aruf yang diikuti seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), 11 kecamatan dan beberapa kafilah dari beberapa desa di Kecamatan Lawa.

Pawai Ta’aruf ini dimulai pada pukul 15.00 Wita dengan titik start dan finis kembali di lapangan sepak bola Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, sekitar pukul 17.00 Wita. Para peserta menampilkan busana muslim, batik dan baju adat dari kafilah masing-masing. (===)

 

Kontributor : Adin



google news sultratop.com
  • Bagikan