24 May 2024
Indeks

Ali Mazi Berpeluang Rebut Kursi DPR RI Nasdem, Unggul 6 Ribu Suara dari Tina Nur Alam

  • Bagikan

SULTRATOP.COM, KENDARI – Mantan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi memiliki peluang besar untuk mengisi kursi DPR RI dari Partai Nasdem dan unggul 6.000 suara dari petahana Tina Nur Alam.

Berdasarkan data real count KPU RI, Kamis (22/2/2024) dengan presentase suara masuk 70,90 persen, Ali Mazi telah mengumpulkan sebanyak 41.681 suara sementara Tina Nur Alam baru mengumpulkan 35.240 suara.

Iklan Astra Honda Sultratop

Posisi kedua tersebut dibayangi oleh mantan Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa dengan perolehan 31.020 suara. Tiga nama besar ini pun sama-sama masih punya peluang dengan sisa data yang belum masuk 30 persen.

Sebelumnya, The Haluoleo Institute (THI) merilis enam calon anggota legislatif (Caleg) yang lolos DPR RI pada Kamis, 15 Februari 2024. Keenam orang itu adalah Tina Nur Alam dari Partai Nasdem, Bahtra dari Gerindra, Ahmad Safei dari PDIP, Rusda Mahmud dari Demokrat, Jaelani dari PKB, dan Ridwan Bae dari Golkar.

Hasil itu berdasarkan perhitungan dari data sampel yang masuk 77,15 persen. Teknik penarikan sampel yakni multistage random sampling.

Jumlah sampelnya yakni 477 TPS dari 8.157 TPS. Sampel tersebut tersebar secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak di seluruh kabupaten. Sampling error kurang lebih 1 persen.

Direktur Eksekutif THI, Naslim Sarlito Alimin menjelaskan quick count yang mereka lakukan adalah perhitungan suara
di sejumlah sampel TPS yang dipilih secara acak dan proporsional dari seluruh populasi TPS yang ada. THI juga telah memiliki sertifikat dari KPU dan Bawaslu sebagai lembaga yang melakukan perhitungan quick count. (—–)

Penulis: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan