24 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Aktris Senior Pemeran “Mak Nyak” di Sinetron Si Doel Meninggal Dunia

  • Bagikan

SULTRATOP.COM – Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktris senior Aminah Cendrakasih meninggal dunia, Rabu (21/12/2022) pukul 20.00 WIB dalam usia 84 tahun.

Aminah dikenal berkat perannya sebagai Lela atau “Mak Nyak” di sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tayang pertengahan tahun 90-an.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Innalillahi wanna ilaihi rojiun telah Wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih) pukul 20.00 Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya Dan diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT Aaminn YRA (alfatihah),” tulis akun Instagram @sidoelanaksekokahan.

Kabar duka tersebut juga disampaikan aktor Rano Karno dalam unggahan Instagramnya. Rano Karno berperan sebagai Si Doel, anak Mak Nyak di Sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

“Aktris Aminah Cendrakasih yang telah membintangi lebih dari 100 film dan banyak dikenal berkat peran legendarisnya sebagai Mak Nyak dalam sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ meninggal dunia dalam usia 84 tahun (29 Januari 1938 – 21 Desember 2022),” tulis akun Twitter @flickmagazine.

Aminah Cendrakasih memulai debutnya di film Oh Ibuku pada 1955. Trilogi Si Doel The Movie berjudul “Akhir Kisah Cinta Si Doel” yang tayang 2022 jadi film terakhir yang dibintanginya.

Dikutip dari Health Okezone, kondisi Mak Nyak memang sudah memprihatinkan. Ia menderita glaukoma hingga mengalami kebutaan.

Mak Nyak sudah tidak bisa lagi beraktivitas seperti biasa. Ia hanya bisa berbaring di tempat tidur. Kondisi tersebut terlihat saat adanya lanjutan film Si Doel The Movie.

Menurut Rano Karno, Mak Nyak menghafal skenarionya di tengah kondisi mata yang tak lagi berfungsi dengan baik.

“Bagi saya, itu luar biasa! Mak Nyak bisa hafal skrip dengan kondisi seperti itu,” kata Rano Karno.

Banyak netizen yang merasa sedih dengan kabar kepergian Mak Nyak, terutama generasi tahun 90-an.

“Aminah Cendrakasih dalam kondisi terbaring saja masih bisa menampilkan performa akting terbaiknya sebagai maknyak di trilogi Si Doel. Batas dedikasinya sungguh tak terbayangkan. Turut berduka cita, maknyak . Kami generasi 90an adalah anak-anakmu,” tulis akun @goesxxx sambil mengunggah foto Rano Karno bersama Aminah Cendrakasih. (—)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan