21 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

14 Daftar Bahan Makanan Kucing Peliharaan

  • Bagikan
Makanan kucing
Makanan kucing peliharaan. (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Sangat penting untuk mengetahui bahan makanan kucing peliharaan Anda. Selain dapat memilihnya dari sisa makanan di rumah, juga bisa menjadi referensi ketika Anda belanja produk bahan makanan kucing di toko.

Dengan memahami apa yang Anda baca pada label produk makanan kucing, Anda akan lebih siap untuk membuat pilihan makanan terbaik. Ini tentu dapat memengaruhi umur panjang dan vitalitas kucing Anda.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Berikut daftar bahan makanan kucing peliharaan.

Bahan-bahan makanan kucing peliharaan semestinya tercantum dalam urutan menurut beratnya. Idealnya, dalam pemeliharaan kucing, sumber protein harus menjadi bahan pertama yang tercantum pada sekantong makanan kucing kering. Ini harus diikuti oleh sumber protein sekunder. Setelah itu, barulah bahan karbohidrat, minyak atau lemak, pengawet, tambahan vitamin, dan mineral, serta taurin (asam amino yang dibutuhkan kucing untuk bertahan hidup).

Protein menyediakan asam amino yang membantu hewan peliharaan membangun dan memelihara otot, tulang, darah, organ, sistem kekebalan, serta rambut dan kukunya. Ada banyak kombinasi sumber protein yang menghasilkan profil asam amino yang seimbang.

1. Ayam

Bahan makanan peliharaan dari ayam yakni kombinasi daging dan kulit yang bersih dengan atau tanpa tulang yang menyertainya. Itu harus berasal dari bagian atau seluruh karkas ayam atau kombinasinya, tidak termasuk bulu, kepala, kaki, dan isi perut. Ini adalah produk yang Anda harapkan dapat ditemukan dalam makanan kucing berkualitas premium. Jumlah kandungan tulang dan/atau kulit dapat berperan dalam kualitas protein.

Pilihan lainnya adalah bahan sampingan dari unggas yang menjalani penggilingan dan pengolahan hingga bersih. Ini mencakup hal-hal seperti leher, kaki, telur yang belum berkembang, dan usus. Benar bahwa kucing memang memakan bagian unggas tersebut dalam keadaan alami atau liar. Namun jika Anda ingin membuat pilihan yang paling sehat untuk kucing, makanan sampingan sebaiknya tidak menjadi bahan pertama.

2. Lemak sapi

Ini berasal dari jaringan sapi selama proses rendering komersial. Lemak daging sapi merupakan sumber lemak yang lebih rendah untuk makanan kucing karena merupakan lemak jenuh. Ini terutama untuk memberi rasa pada makanan.

3. Tepung ikan

Bahan ini adalah jaringan ikan utuh atau potongan ikan yang bersih, kering, dan digiling. Sebagian minyak boleh atau tidak boleh diekstraksi dan harus mengandung tidak lebih dari 10 persen kelembapan. Jika tepung ikan mengandung lebih dari 3 persen garam, jumlah garam harus merupakan bagian dari nama produk (dan tidak boleh melebihi 7 persen).

4. Produk telur

Bahan makanan kucing peliharaan dari telur dapat berupa yang kering, cair, atau beku, dan harus diberi label sesuai dengan peraturan yang mengatur telur. Selain itu, olahan telur harus bebas dari cangkang.

5. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi yang penting bagi kucing yang memasok bahan penyusun (glukosa) untuk energi seluler. Bahan ini juga menyediakan serat dalam makanan kucing peliharaan yang penting untuk kesehatan usus. Biasanya, ketika daftar bahan menyebutkan biji-bijian utuh, itu adalah pilihan yang lebih baik untuk kucing atau hewan peliharaan Anda.

6. Gluten jagung

Ini adalah residu kering dari jagung setelah sebagian besar pati dan kuman dihilangkan dan dedak dipisahkan. Inilah yang tersisa setelah membuat produk berbahan dasar jagung, seperti tepung jagung atau sirup.

Jagung adalah bahan makanan yang populer karena harganya yang murah. Namun, jagung juga merupakan salah satu bahan makanan yang dapat menyebabkan alergi pada kucing. Jika Anda harus memilih makanan kucing dengan bahan jagung, Anda akan lebih baik dengan “tepung jagung” karena bukan hanya residu.

7. Tepung terigu

Bahan ini sebagai partikel halus dedak gandum, bibit gandum, dan jeroan dari “ekor gilingan”. Produk ini harus terdapat dalam proses penggilingan komersial biasa.

8. Pengawet dan Suplemen

Vitamin dan mineral memang perlu tapi dalam jumlah yang sangat kecil. Jumlahnya hampir setengah dari bahan dalam makanan hewan. Untuk dicantumkan sebagai makanan kucing “lengkap dan seimbang” terdapat 25 vitamin dan mineral penting.

9. Tokoferol campuran

Sebagian besar makanan premium menggunakan tokoferol campuran, yang terdaftar sebagai sumber Vitamin E. Ini juga mengandung Vitamin A serta pengawet. Bahan ini tidak seefektif bahan kimia pengawet BHA dan BTA yang lama, jadi selalu periksa tanggal umur simpan maksimum pada label.

10. Sodium caseinate

Casein adalah produk susu yang mirip dengan whey. Natrium membuatnya menjadi komponen asin yang digunakan untuk penyedap dan pengawetan.

11. Kalium klorida

Ini adalah garam kalium dari asam klorida. Kalium sangat penting bagi semua spesies untuk fungsi jantung dan saraf. Namun, dalam makanan kucing, sebagai komponen asin yang menambah rasa dan bertindak sebagai pengawet.

12. Asam fosfat

Suplemen mineral yang terdiri dari 32 persen fosfor. Ini adalah zat tambahan lain yang membantu mengasamkan makanan agar kucing dapat mempertahankan pH urin yang tepat.

13. Brewers rice

Bahan makanan kucing peliharaan ini mengacu pada sisa nasi dari pembuatan bir. Ini adalah residu berasal dari pembuatan wort (bagian cair dari biji malt) lalu melewati proses pengeringan dan ekstraksi. Residu beras ini mungkin tidak memiliki kualitas karbohidrat yang sama dengan beras gandum.

14. Ragi kering bir

Bahan ragi kering bir harus berasal dari pembuatan bir atau ale untuk konsumsi manusia. Setelah disterilkan dan tanpa daya ragi, itu adalah ragi tidak aktif yang terdiri dari organisme bersel tunggal Saccharomyces cerevisiae.

Ragi kering brewers merupakan sumber protein yang kaya akan asam amino dan vitamin B. Asam amino membantu hewan peliharaan membangun dan memelihara otot, tulang, darah, organ, sistem kekebalan, serta bulu dan kuku.

Tanpa kadar asam amino esensial yang tepat, sintesis protein akan terpengaruh. Selain itu, vitamin B mendukung fungsi otak, kekuatan otot, produksi sel darah merah, dan pencernaan. Sementara ragi bir kering mungkin terasa pahit bagi manusia, anjing dan kucing merasa agak enak. Probiotik, juga dapat membantu mengurangi stres dan penyakit serta mencegah kutu. (===)

 

Sumber: Thesprucepets.com

 

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan