19 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Waspada, Tinggi Gelombang di Perairan Wakatobi Capai 2 Meter

  • Bagikan
Waspada Gelombang Tinggi di Atas 2 Meter di Perairan Sultra Bagian Selatan
Ilustrasi

SULTRATOP.COM, KENDARI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Kendari mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Perairan Wakatobi dan Laut Banda Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (4/6/2024).

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie dalam keterangan tertulis menyebutkan, saat ini potensi tinggi gelombang mencapai 1,25 – 2,5 meter dengan kategori sedang.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir area sekitar agar tetap waspada terhadap gelombang tinggi dan peningkatan kecepatan angin.

Adanya gelombang dengan kategori sedang tersebut maka risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran harus diperhatikan.

Perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m).

Kapal feri (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m), kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m). (—-)

Kontributor: Rahmat Kurnia Eko S.
Editor: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan