15 July 2024
Indeks

Tujuh Rumah di Muna Barat Terendam Banjir, Rawan Hanyut

  • Bagikan
KENA BANJIR - Sebanyak tujuh rumah di Desa Kombikuno, Kecamatan Napano Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) terendam banjir, Rabu (3/7/2024). (Foto istimewa).

SULTRATOP.COM, MUNA BARAT – Sebanyak tujuh rumah di Desa Kombikuno, Kecamatan Napano Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) terendam banjir setelah diguyur hujan selama tiga hari ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Kombikuno, La Ode Musdin melalui telepon selulernya, Rabu (3/7/2024) malam. Kata dia, tujuh rumah yang terendam banjir ini berada di Dusun 3, Desa Kombikuno.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Sekarang saya masih di lokasi rumah yang terendam banjir. Sejauh ini ada tujuh rumah yang sudah terendam banjir. Kalau hujan tidak reda kita perkirakan akan bertambah rumah warga yang terendam banjir,” kata Kepala Desa Kombikuno, La Ode Musdin.

Saat ini, ia khawatir kalau hujan tidak berhenti karena bisa berdampak rumah warga akan hanyut terbawa banjir. Apalagi, rata-rata rumah yang terendam banjir adalah rumah panggung.

“Saya takut rumah warga saya bisa terbawa banjir. Tinggi air saat ini mencapai kurang lebih 1,8 meter. Yang pasti air hujan sudah sampai di lantai rumah panggung warga,” ucapnya.

Banjir di Desa Kombikuno. Aliran air sudah mendekati lantai rumah panggung warga.

Ia menduga permukaan air yang naik ini karena pengaruh deker yang dibangun belum lama ini. Padahal selama ini, setiap hujan turun di lokasi tersebut tidak terjadi seperti sekarang ini.

“Saya dulu pernah usulkan di lokasi itu untuk dibangunkan jembatan saja. Tapi malah dibangun deker saja. Jadi, air hujan yang turun tidak leluasa untuk mengalir. Coba kalau dibangun jembatan tidak akan kejadian seperti sekarang ini,” tuturnya.

“Dulu tidak banjir seperti ini, nanti dibuatkan deker malah banjir seperti sekarang ini,” tambahnya.

Oleh karena itu ia berharap pemerintah daerah dapat segera bertindak. Hal ini agar banjir yang terjadi di Dusun 3 ini cepat teratasi. (===)

 

Kontributor: Adin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan