28 May 2024
Indeks

Pembukaan Jambore PKK Tingkat Provinsi Sultra, Koltim Tampil Memukau dengan Pameran Sepeda Ontel

  • Bagikan
Sepeda Ontel yang dibawa oleh TP PKK Koltim pada pembukaan jambore PKK tingkat Provinsi Sultra di Konawe pada Jumat (19/4/2024).(Foto: Ist)

SULTRATOP.COM, KOLTIM – Perwakilan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) tampil memukau pada pembukaan jambore PKK dan HKG PKK ke-52 tingkat provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2024.

Pembukaan jambore tersebut dilakukan dengan pergelaran defile parade nusantara dari masing-masing kabupaten/kota yang ada di Sultra.

Iklan Astra Honda Sultratop

Defile itu mengambil start di Lapangan Lasandara, Unaaha, Konawe pada Jumat pagi (19/4/2024) yang dilepas oleh Sekda Konawe, Ferdinan dan finish di halaman kantor Bupati Konawe.

Terobosan kreatif dari Tim Penggerak (TP) PKK Koltim menjadi sorotan pada pembukaan jambore tersebut. Mereka berhasil memukau para penonton dengan menampilkan sebuah sepeda ontel.

Sepeda tersebut dihiasi dengan pernak-pernik khas Kabupaten Koltim dan diisi dengan muatan berupa sejumlah komoditas Koltim seperti singkong dan padi.

Sepeda tersebut dituntun di depan barisan TP PKK Koltim oleh seorang kakek tua yang dilakonkan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Koltim, Sulwan Sovian.

Barisan defile Tim Penggerak PKK Koltim. (Foto: Ist)

Ketua TP PKK Koltim, Hartini Aziz mengatakan, ide untuk menampilkan sepeda ontel sebagai bagian dari pembukaan jambore tingkat provinsi adalah untuk memperkenalkan warisan budaya dan sejarah daerah kepada generasi muda.

“Kami ingin menjaga dan melestarikan kekayaan budaya lokal, termasuk sepeda ontel yang dulu digunakan sebelum adanya kendaraan seperti saat ini dan beberapa hasil bumi Kolaka Timur serta pernak-pernik yang menjadi ciri khas daerah kami,” ungkap Hartini.

Keberhasilan TP PKK Koltim dalam menghadirkan budaya lokal tersebut mendapat apresiasi tinggi dari para peserta serta pengunjung yang hadir.

Para hadirin cukup terhibur dengan penampilan yang juga menghadirkan gelak tawa tersebut. Tak terkecuali Pj Ketua TP PKK Sultra Wa Ode Munana Asrun Lio dan Staf Ahli TP PKK Koltim Murdiana Ikbal. (—-)

Kontributor: Ismu Samadhani



google news sultratop.com
  • Bagikan