21 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

OJK Sultra dan Perbarindo Perkuat SDM BPR di Hari BPR-BPRS Nasional 2024

  • Bagikan
OJK Sultra dan Perbarindo Perkuat SDM BPR di Hari BPR-BPRS Nasional 2024
PENGEMBANGAN SDM - Foto bersama Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Arjaya Dwi Raya (tengah baju putih), Ketua DPD Perbarindo Sultra Ahmat (tengah baju hitam), pemateri Adreas Ariefianto bersama jajaran Direksi BPR di Sultra dan staf OJK Sultra dalam acara pelatihan pengembangan SDM BPR di Peringatan Hari BPR-BPRS nasional 2024, Kamis (23/5/2024) di Hotel Sutan Raja Kolaka. (ISTIMEWA)

SULTRATOP.COM, KOLAKA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sultra memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) BPR dalam rangka memperingati Hari BPR-BPRS Nasional 2024.

Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya mengatakan, pada 20 Mei 2024 OJK secara resmi telah melucurkan roadmap pengembangan dan penguatan industri Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPRS) 2024-2027 dengan mengusung tema “Industri BPR dan BPRS, Bangkit Bersama Memajukan Negeri”.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Kata dia, hal tersebut untuk mendukung resiliensi Sektor Jasa Keuangan khususnya industri BPR dan BPRS di dalam mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Arjaya menyebut, peran dari industri BPR dan BPRS diperlukan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia di lapisan bawah, serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan secara langsung kepada masyarakat maupun melalui media lainnya.

Selain itu, dalam UU Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK), BPR dan BPRS diharapkan mampu memanfaatkan peluang sekaligus mengelola risiko dengan adanya perluasan kegiatan usaha dan aktivitas BPR dan BPRS dengan berbagai perkembangan dalam bisnis perbankan yang bergerak dalam strategi bisnis digital dan memiliki visi menjadi bank yang berintegritas, tangguh dan kontributif dalam memberikan akses keuangan kepada Usaha Mikro Kecil dan masyarakat di wilayahnya.

“Jadi, untuk mewujudkan visi pengembangan dan penguatan industri BPR dan BPRS, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi OJK, industri dan asosiasi BPR dan BPRS, Bank Umum, Bank Umum Syariah, Kementerian/Lembaga dan stakeholders terkait lainnya, serta dengan mengembangkan kuantitas dan kualitas SDM BPR,” kata Arjaya Dwi Raya melalui keterangan persnya (23/5/24).

Sehingga atas dasar alasan tersebut maka diperlukan untuk mewujudkan SDM BPR yang tangguh dan unggul. Melalui kegiatan pengembangan kompetensi SDM BPR yang diusung berdasarkan inisiasi Mutsafar Jais selaku Pengawas Pertama OJK Sultra bersama Perbarindo Sultra dan Sabarul Mukjizat selaku penanggungjawab tekhnis pelatihan sekaligus Pelaksana Direksi BPR Bahteramas Konawe Selatan (Konsel).

OJK Sultra dan Perbarindo Perkuat SDM BPR di Hari BPR-BPRS Nasional 2024

OJK bakal terus mendorong agar pemilik dan pengurus BPR dapat merespon tantangan yang muncul secara positif dengan terus meningkatkan kapasitas entitas masing-masing. Sehingga BPR dapat terus tumbuh secara sehat, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara lebih luas dan prima.

OJK berharap peran BPR dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Sultra terus ditingkatkan sehingga dapat menjadi mitra strategis pemerintah daerah khususnya dalam pengembangan UMKM.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perbarindo Sultra Ahmat menilai pelatihan pengembangan SDM menjadi bentuk komitmen Perbarindo dalam mendukung BPR di Sultra untuk terus tumbuh sehat melalui penguatan manajamen risiko bisnis.

Kata Direktur Utama BPR Bahtermas Konawe itu, semangat hari BPR-BPRS nasional ini untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergitas seluruh BPR di Sultra dalam meningkatkan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Tak hanya itu, hal ini juga dapat menjaga dan meningkatkan eksistensi keberadaan BPR di masyarakat.

Penanggungjawab Tehknis Pelatihan Shabarul Mukjizat mengatakan, peserta kegiatan berjumlah 69 orang, mereka merupakan staff dan pejabat eksekutif, ada juga dari pejabat pemasaran dan operasional kredit.

Selain itu, mereka juga berasal dari 12 BPR Bahteramas, BPR Gandalata, BPR Haralata, BPR Rakyat Mandiri dan BPR Modern.

Kegiatan pelatihan ini ditutup dengan uji kompetensi untuk mengukur tingkat pemahaman dan penyerapan materi pelatihan oleh peserta dan sebagai bahan evaluasi untuk menyelenggarakan kegiatan selanjutnya.

Kemudian, dilanjutkan dengan literasi serta sosialisasi dari pihakOJK Sultra dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta kegiatan lomba pada malam ke-3 hari BPR-BPRS nasional 2024.

Sebagai informasi, peringatan hari BPR-BPRS Nasional 2024 yang diselanggarakan selama empat hari mulai 23 hingga 26 Mei 2024.

Penulis: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan