23 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Makin Unggul Terapkan Bisnis Berkelanjutan, BRI Raih ESG Awards 2023 by KEHATI

  • Bagikan
Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG) Award 2023.

SULTRATOP.COM, Jakarta – Berkomitmen tinggi pada penerapan keuangan berkelanjutan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil meraih penghargaan Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG) Award 2023 yang diselenggarakan oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI).

Dalam acara awarding yang diselenggarakan di Jakarta, 27 Juli 2023, BRI menerima penghargaan di kategori Best Capital Market subkategori Emiten. Keberhasilan ini didasarkan oleh indikator-indikator penilaian, yakni skor ESG KEHATI yang tinggi, adanya tingkat kepeloporan (pionir) bagi investor, produk investasi berbasis ESG yang dikeluarkan, dan adanya alokasi dana kelolaan perusahaan (Asset Under Management/AUM) untuk aktivitas filantropi.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto mengatakan bahwa BRI terus berkomitmen terhadap investasi berkelanjutan. “BRI telah membuat strategi dan kebijakan khusus dalam mengimplementasikan aspek ESG dalam proses bisnisnya,” ujarnya.

Penerapan prinsip-prinsip ESG di BRI telah menjadi bagian dari strategi perusahaan menuju keberlanjutan, serta merupakan komitmen BRI dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan. Sepanjang kuartal I 2023, emitan bersandi BBRI ini mencatat pertumbuhan penyaluran kredit berkelanjutan sebesar 11,1% secara tahunan (yoy) atau mencapai Rp710,9 triliun. Sebagai bank yang memiliki fokus melayani nasabah UMKM, BRI juga berkontribusi dalam peningkatan financial inclusion & literacy.

Kemudian dari sisi pendanaan, pada 2019 BRI telah menerbitkan sustainability bond sebesar US$500 juta. Selanjutnya, BRI menerbitkan green bond Rp5 triliun pada 2022. Masih pada tahun 2022, BRI menerbitkan sustainability-linked loans senilai US$1 miliar, sejalan dengan fokus bisnis dalam meningkatkan penyaluran kredit kepada UMKM, terutama segmen mikro dan ultra mikro.

Milestone lainnya yang dilakukan BRI dalam penerapan ESG pada tahun 2022 adalah kalkulasi financed emissions pada perhitungan emisi perusahaan BRI juga masuk ke dalam S&P Global Sustainability Yearbook Member sebagai satu-satunya perusahaan di Indonesia yang ada di dalamnya. Ini menunjukkan pengakuan secara global atas implementasi ESG yang dijalankan BRI.

Adapun terkait penghargaan ESG ini, Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI Riki Frindos juga mengatakan, perusahaan yang mendapat penghargaan dipilih berdasarkan kriteria ESG terbaik yang mewakili sektor industrinya masing-masing. Khusus emiten, seleksi dilaksanakan terhadap beberapa perusahaan terbuka yang tercatat sebagai konstituen Indeks SRI-KEHATI, indeks saham yang diluncurkan KEHATI bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak tahun 2009.

“Selamat untuk para pemenang ESG Award 2023 By KEHATI. Kami berharap komitmen mereka yang tinggi terhadap investasi berkelanjutan berbasis ESG dapat mendorong kesadaran yang sama dari para pelaku pasar lainnya di industri keuangan, khususnya pasar modal Indonesia,” kata Riki dalam keterangan resmi di Jakarta, 27 Juli 2023.

Sejumlah dewan juri yang menilai pun berasal dari pakar dan ahli, yakni Dewan Pengawas Indonesia Investment Authority (INA) Cyril Noerhadi sebagai ketua dan Riki Frindos dari KEHATI sebagai sekretaris, serta enam anggota lainnya, yaitu Demetrius Ari Pitojo, Mohamad Oki Ramadhana, Ariani Vidya Sofjan, Rama Manusama, Nadia Chiarina, dan Agus Salim. (===)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan