21 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Kronologi Dua Pelajar Hilang saat Berkemah di Puncak Padang Kuku Kapontori

  • Bagikan
Kronologi Dua Pelajar Hilang saat Berkemah di Puncak Padang Kuku Kapontori
Proses pencarian terhadap korban pelajar yang hilang saat berkemah di puncak padang kuku, Desa Lambusango, Kecamatan Kapontori.(Istimewa)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Dua orang pelajar dilaporkan hilang oleh rekannya saat berkemah di puncak Padang Kuku, Desa Lambusango, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton pada Minggu (10/3/2024).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari Muhamad Arafah mengatakan, kedua pelajar tersebut diketahui bernama Muh Rehan (16) dan Muh Alkausar (16), siswa SMAN 4 Baubau. Keduanya adalah warga Bone-Bone, Kota Baubau.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Laporan hilangnya dua orang pelajar tersebut diterima Comm Centre KPP Kendari melalui teman korban, Zaki pada pukul 14.43 WITA.

Kronologi Dua Pelajar Hilang saat Berkemah di Puncak Padang Kuku Kapontori
4 teman korban yang berhasil dievakuasi.(Istimewa)

Berdasarkan laporan itu, diketahui pada 9 Maret 2024 sekitar pukul 19.30 kedua korban bersama 4 rekannya pergi berkemah di puncak Padang Kuku dan mendirikan tenda di sana. Keesokan harinya, sekitar pukul 07.40 WITA kedua korban pergi untuk mencari tempat baru.

“Namun hingga saat informasi itu kami terima, kedua korban belum kembali. Sementara pelapor dan 3 orang temannya masih menunggu di tempat camping,” kata Arafah dalam keterangan resminya.

Berdasarkan informasi itu, pukul 15.00 Wita tim rescue pos SAR Baubau diberangkatkan menuju lokasi untuk memberikan bantuan SAR dengan jarak tempuh dari pos SAR Baubau sekitar 50 km.

Tim rescue pos SAR Baubau tiba di titik droping pada pukul 17.20. Sebelumnya, tim berkoordinasi dengan Polsek Kapontori dan selanjutnya jalan menuju puncak Padang Kuku dan melaksanakan penyisiran.

Kronologi Dua Pelajar Hilang saat Berkemah di Puncak Padang Kuku Kapontori
Jalur lokasi hilangnya pelajar yang berkemah di puncak padang kuku, Desa Lambusango dengan pos SAR Baubau sekitar 50 Km.(Istimewa)

Tim tiba di puncak Padang Kuku pada pukul 18.45 WITA dan menemukan 4 orang teman korban, yaitu pelapor Zaki Zim (16), Rasyid (17), Laode Irman (18), dan Al Gazali (15). Empat teman korban tersebut kemudian dibawa menuju Desa Lambusango Timur dan tiba pada pukul 20.50 WITA.

Salah satu tim SAR gabungan yang berasal dari KPA Tarsius juga telah melakukan penyisiran sejauh 1 km dengan hasil nihil. Pencarian kemudian dihentikan sementara.

Pada Senin (11/3/2024) pukul 07.00 Wita, pencarian kembali dilanjutkan dengan membagi 3 tim.

Tim 1 berjumlah 22 orang terdiri dari 1 orang rescuer pos SAR Baubau, 1 orang dari Polsek Kapontori, 1 orang PMI Baubau, 2 orang KPA Tarsius dan 17 orang warga Kapontori yang akan melakukan penyisiran mulai jalur pendakian menuju puncak Padang Kuku menyisir area sebelah kiri puncak Padang Kuku.

Tim 2 berjumlah 23 orang terdiri dari 1 orang rescuer pos SAR Baubau, 1 orang Babinsa Kapontori, 1 orang Polsek Kapontori, 1 orang PMI Baubau, 2 orang KPA Tarsius dan 17 orang warga Kapontori.

Serta tim 3 berjumlah 15 orang terdiri dari 1 orang rescuer pos SAR Baubau, 10 orang BKSDA Buton, 2 orang KPA Tarsius dan 2 orang warga Kapontori yang menyisir mulai dari jalur Padang Kuku menuju puncak mengarah ke kanan.

Hingga berita ini terbit, pencarian terhadap korban pelajar yang hilang saat berkemah tersebut masih terus dilanjutkan dan belum membuahkan hasil. (—–)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan