24 February 2024
Indeks

Diving Murah di Pulau Labengki, Melihat Keindahan Bawah Laut yang Mengagumkan

  • Bagikan
Diving Murah di Pulau Labengki, Melihat Keindahan Bawah Laut yang Mengagumkan
Foto Sultratop.com

SULTRATOP.COM, KENDARIPulau Labengki yang berada di Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan salah satu tempat yang rekomendasi untuk diving.

Saat ini kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Pulau Labengki Kecil sudah menyiapkan fasilitas alat diving yang lengkap bagi wisatawan jika ingin melihat keindahan bawah laut di perairan laut Labengki.

Iklan Astra Honda Sultratop

Tim redaksi Sultratop.com berkesempatan melakukan kunjungan serta mencoba diving di Pulau Labengki pada 15 hingga 16 Januari 2024. Hal ini merupakan pengalaman kali pertama tim redaksi melakukan diving.

Tim pokdarwis Pulau Labengki Kecil sudah memiliki lisensi diving sehingga kalian akan dilatih dan didampingi untuk bisa menggunakan alat diving serta menyelam ke dalam laut.

Sebelum turun ke laut, kalian akan diperkenalkan nama dan fungsi dari setiap perlengkapan diving. Kemudian dilatih untuk bernafas di dalam air menggunakan tabung oksigen serta diberikan tips untuk ekualisasi dan mengeluarkan air yang masuk ke dalam kacamata air atau masker.

Pengelola Dive Center sekaligus anggota Pokdarwis Pulau Labengki Kecil Tawing mengatakan ekualisasi merupakan cara atau Teknik membuat telinga bisa beradaptasi dengan kondisi tekanan air yang tinggi.

“Ya kita akan turun pelan-pelan dari 3 meter, ke 5 meter sampai maksimal di 15 meter. Nah setiap memasuki ke dalaman ini tekanan telinga itu akan terasa sakit. Jadi caranya kita harus ekualisasi,” kata Tawing sembari memperagakan caranya.

Selain itu, dalam air terdapat beberapa symbol untuk berkomunikasi mulai dari symbol untuk naik ke permukaan, turun ke permukaan dan posisi hold atau bertahan. Saat turun ke laut akan ada pendamping yang menemani sehingga memastikan keamanan wisatawan di dalam laut.

Untuk satu tabung biaya sewanya Rp500 ribu termasuk pelatihan dasar, sedangkan untuk dokumentasi ada biaya tambahan. Satu tabung durasi waktu untuk menyelam antara 30 hingga 40 menit.

Bagi wisatawan yang sudah pernah atau terbiasa diving bisa lebih lama menggunakan tabung sedangkan untuk yang baru pertama kali bisa antara 25 hingga 30 menit saja.

“Yang terpenting sebenarnya jangan takut itu saja dan tidak panik,” ujarnya.

Menuju ke lokasi diving kalian akan diantar jemput oleh kapal dari Pokdarwis setempat hingga kegiatan diving selesai dilaksanakan.

Keindahan Bawah Laut Pulau Labengki

Terdapat sejumlah spot yang memiliki keindahan bawah laut di Pulau Labengki, hanya saja dalam kesempatan kali ini tim redaksi Sultratop.com diajak untuk menyelam di kawasan Nirwana Resort.

Di ke dalaman 3 meter nampak hamparan pasir putih dan air laut yang biru dengan sedikit jenis ikan perairan dangkal. menuju ke dalaman 5 meter kita sudah bisa menjumpai terumbu karang yang memiliki berbagai bentuk.

Kemudian, kelompok kawanan ikan yang berbaris rapi sesekali melewati kami Ketika sedang mengabadikan momen di lokasi terumbu karang. Tak sedikit ikan-ikan karang juga banyak dijumpai di lokasi ini. Tak luput ikan nemo juga bisa ditemukan di spot ini.

Lanjut ke dalaman 10 sampai 15 meter terdapat jenis terumbu karang yang berbentuk seperti akar serabut dengan warna yang cukup terang serta kelompok karang yang berbentuk lebar seperti piring dengan jumlahnya yang banyak.

Di ke dalaman ini juga sesekali kawanan ikan dengan jumlah yang banyak dan memiliki sirip badan berwarna kuning mendekati kami.

Setelah puas menikmati keindahan bawah laut kurang lebih 35 menit dan disesuaikan dengan indikator batas isi tabung oksigen, bisa langsung naik ke permukaan untuk beristirahat dengan teknik yang telah diajarkan oleh tim diving center Pulau Labengki Kecil.

“Batasnya itu 50 bar, kalau sudah 50 bar kita naik. Kan kalau turun itu 200 bar,” tukasnya.

Selain spot di kawasan Nirwana Resort, terdapat spot lain yang memiliki keindahan terumbu karang yang lebih indah. Lokasinya di antara Pulau Labengki Kecil dan Labengki Besar. Di tempat ini bisa juga dilakukan dengan free dive atau menggunakan alat snorkeling.

Untuk bisa menikmati spot ini juga disesuaikan dengan kondisi arus bawah laut. Saat tim redaksi Sultratop.com berkunjung kondisi cukup keras.

Layanan Diving Center Pulau Labengki Kecil

Untuk bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Labengki dengan menggunakan peralatan diving dari pokdarwis Pulau Labengki Kecil kalian bisa langsung melakukan reservasi ke nomor 081340866487 atas nama Tawing.

Penulis: Ilham Surahmin

google news sultratop.com
  • Bagikan