15 July 2024
Indeks

BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkab Butur Laksanakan Monev Kepesertaan

  • Bagikan
Kegiatan monev kepesertaan BPJS yang dilaksanakan di salah satu hotel di Butur pada Senin, 9 Oktober 2023 dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Butur, Ahali. (Foto: Istimewa)

SULTRATOP.COMBPJS Ketenagakerjaan Kendari dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) kepesertaan aparatur desa, anggota BPD serta pekerja rentan yang ada di Butur.

Kegiatan monev ini dilaksanakan di salah satu hotel di Butur pada Senin, 9 Oktober 2023 dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Butur, Ahali.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Dalam sambutannya, Ahali menyampaikan pihaknya menyadari bahwa program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan program perlindungan dasar untuk penanggulangan sebagian hilangnya pendapatan pekerja akibat risiko sosial-ekonomi.

Di samping itu, BPJS Ketenagakerjaan merupakan suatu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nasional yang memberikan jaminan akan terciptanya perlindungan dasar atas dasar pemerataan dan keadilan sehingga peranannya sangat strategis untuk peningkatan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya.

Oleh karena itu, ia melanjutkan, sudah sewajarnya apabila pemerintah daerah berkewajiban untuk mendorong pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Butur, termasuk di dalamnya memberikan fasilitas untuk peningkatan kepesertaan tenaga kerja khususnya bagi perangkat desa, anggota BPD dan Perlindungan bagi pekerja rentan/miskin dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Di tempat terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kendari, Muhamad Abdurrohman Sholih, menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pemkot Butur yang telah mendukung penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Butur.,

“Kita sampaikan terimakasih dan apresiasi atas dukungan Pemkab Butur terhadap penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan, di mana saat ini para kepala desa dan perangkat desa yang ada di Butur sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Selanjutnya, kata dia, tugas kita adalah memastikan keberlanjutan program ini terus berjalan dan memperluas cakupan kepesertaan bagi anggota BPD serta pekerja rentan yang ada di Butur, dan juga yang tidak kalah penting adalah kepatuhan dalam pembayaran iuran maupun pelaporan data peserta guna mendapatkan manfaat program secara maksimal. (——)

  • Bagikan