14 July 2024
Indeks

Siapa Pemenangnya Singa Vs. Harimau? Ini Penjelasan Ilmuwan

  • Bagikan
Singa
Singa si Raja Hutan (Sumber gambar: Pixabay.com)

SULTRATOP.COM – Singa dan harimau adalah spesies hewan dari keluarga kucing. Akan sangat sulit menentukan mana yang menang bila singa versus (vs.) harimau, soalnya kedua kucing besar ini tergolong hewan yang paling ganas.

Selain singa dan harimau masih ada tiga kucing besar lainnya yakni jaguar, macan tutul, dan macan tutul salju. Kelimanya merupakan predator puncak yaitu tidak memiliki predator sendiri dan berada di puncak rantai makanan.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Ada beberapa perbedaan mendasar antara singa dan harimau. Singa biasanya menghuni sabana dan padang rumput, meskipun mereka dapat hidup di semak dan hutan. Singa sangat sosial daripada kucing lainnya.

Sementara harimau berasal dari daratan Asia. Harimau adalah spesies kucing terbesar di dunia. Harimau Bengal adalah subspesies harimau yang paling umum, yang merupakan sekitar 80 persen dari seluruh populasi harimau dan terdapat di India, Nepal, Myanmar, Bangladesh, dan Bhutan. Hanya saja spesies ini terancam punah dan kini mayoritas harimau dunia hidup di penangkaran.

Singa Vs. Harimau

Singa terkenal luas sebagai raja hutan dibanding harimau. Dari persepsi ini, maka bila singa dan harimau bertarung maka harusnya singa sebagai sang raja yang menang. Namun berdasarkan literatur yang ada justru harimau yang akan memenangkan pertarungan.

Berdasarkan informasi dari Diffen.com, L. M. Boyd menulis untuk The Victoria Advocate bahwa tipikal harimau adalah petarung yang lebih ganas daripada tipikal singa adalah pengetahuan umum. Namun tak banyak yang tahu apa yang menjadi keunggulan atau memberi keuntungan pada harimau itu.

β€œHal sederhana. Singa berdiri dengan tiga kaki untuk menganiaya dengan yang keempat. Tapi harimau itu menyeimbangkan dirinya dengan kaki belakangnya untuk menganiaya dengan kedua kaki depannya secara bersamaan,” kata L. M. Boyd.

Kemudian berdasarkan informasi dari India.com, menurut penelitian don of the jungle, harimau lebih mungkin menang melawan singa. Para ilmuwan mengatakan bahwa dalam pertarungan antara Harimau Bengal vs. Singa Afrika, ada kemungkinan 90 persen harimau itu akan menang. Seekor harimau sedikit lebih cepat dari singa serta bisa lebih ganas, dan lebih gesit. Seekor harimau juga 5 persen lebih tinggi dan 8 persen lebih berat dari singa. (===)

 

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan