23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Sandiaga Uno Apresiasi Operator Wisata Ketika Kunjungi Stan Provinsi Sultra

  • Bagikan
Sandiaga Uno bertandang ke stan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Kabupaten Wakatobi, pada Sabtu (1 Juni 2024) di Jakarta Convention Center.

SULTRATOP.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Sabtu (1 Juni 2024) bertandang ke stan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Kabupaten Wakatobi pada hari ketiga penyelenggaraan pameran Deep and Extreme Indonesia (DXI) 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center.

Sandiaga berinteraksi dengan para pelaku industri pariwisata yang berada di stan Provinsi Sultra dan Kabupaten Wakatobi. Menparekraf mengapresiasi para operator wisata yang tetap antusias mempromosikan destinasi wisata di Sultra dengan menawarkan paket-paket wisata yang mereka miliki.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Ini operator wisata masih tetap semangat, ya,” sapa Sandiaga dalam kunjungannya, lalu menyimak penjelasan dari sejumlah operator yang hadir di tempat itu. Mereka terutama menyampaikan tidak adanya lagi rute penerbangan ke Wakatobi, yang ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) itu.

Sebelumnya, pada kesempatan yang sama Sandiaga mengapresiasi penyelenggaraan DXI 2024 yang dinilainya sebagai kebangkitan pariwisata pasca pandemi. Ia mengungkapkan kegembiraannya melihat banyaknya produk dalam negeri yang ditawarkan dalam pameran itu.

Saat berdialog dengan Menparekraf, salah seorang pemandu wisata Sultra, Ahmad Nizar, mengatakan, akses ke Wakatobi saat ini berdampak pada menurunnya wisatawan yang hendak ke Wakatobi.

“Sebenarnya, wisatawan yang hendak ke Wakatobi lumayan banyak. Namun, karena penerbangan yang tidak ada, akses ke Wakatobi menjadi sulit dan memakan waktu lama. Ini berdampak pada jumlah kunjungan,” jelasnya.

Sandiaga Uno bersama para pelaku industri pariwisata yang berada di stan Provinsi Sultra dan Kabupaten Wakatobi.

Dalam siaran persnya, Sabtu (1 Juni 2024), Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra Belli mengatakan, saat ini pemerintah provinsi dan Pemerintah Kabupaten Wakatobi bahu-membahu mengupayakan rute penerbangan ke Wakatobi dapat dibuka kembali dalam waktu dekat ini.

“Mudah-mudahan upaya keras dari kita semua penerbangan ke Wakatobi dapat terbuka kembali,” katanya.

Dia menambahkan, masyarakat Indonesia sebenarnya antusias untuk berkunjung ke Wakatobi. Beberapa pekan lalu, artis Gilang Ramadhan beserta sejumlah petinggi industri hiburan tanah air menjajaki potensi pengembangan sektor ekonomi kreatif di Wakatobi. Gilang beserta sejumlah penggiat musik dan perfilman datang langsung ke Wakatobi.

Pada ajang DXI 2024 ini, pihaknya juga mengajak salah seorang freediving yang berhasil membukukan rekor nasional dengan kedalaman penyelaman mencapai 71 meter pada ajang AIDS Depth World Championship Freediving 2023 lalu, Nikita Fima Atriyu, untuk menyelam di Wakatobi dan Labengki, dan disambut dengan antusias.

“Kita akan terus berupaya mempromosikan destinasi wisata Sultra dengan melibatkan para talent-talent berprestasi atau ternama,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, DXI merupakan event pameran yang secara khusus menawarkan olahraga ekstrem, diving, olahraga air, dan outdoor adventure. Pameran DXI merupakan event olahraga extreme terbesar di Asia. DXI 2024 mengusung tema Edge of Tomorrow: Dive Into the Depth of Extreme Sports. (===)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan