15 July 2024
Indeks

H-1 Lebaran Iduladha 2024, Kapal Malam Kendari-Raha Sepi Penumpang

  • Bagikan
Tempat tidur dalam kapal malam terlihat banyak yang kosong karena penumpang yang mulai sepi pada H-1 lebaran Iduladha. (Ismu/Sultratop.com)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Kapal malam rute Kendari-Raha pada H-1 lebaran Iduladha, Minggu (16/6/2024) mulai longgar atau sepi penumpang.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari, Capt. Raman mengatakan, pada H-1 lebaran tersebut kelonggaran penumpang di pelabuhan yang akan menyeberang mulai terlihat sejak siang hari.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Memang yang agak padat sedikit tadi itu adanya di terminal Pelabuhan Nusantara. Sedangkan di terminal lainnya sudah jauh menurun tadi pagi,” ungkapnya saat ditemui di pelabuhan kapal malam.

Ia menyebut, puncak kepadatan penumpang jelang lebaran Iduladha sejak Jumat (14/6/2024). Untuk menanggulangi itu, pihak KSOP Kelas II Kendari meminta kapal terbesar kepada operator untuk melayani masyarakat yang akan menyeberang.

“Untuk jadwal keberangkatan kapal jelang Iduladha ini juga tetap berjalan normal dan tidak ada penambahan armada kapal,” tambahnya.

Raman menyebut, penambahan jumlah penumpang jelang lebaran Iduladha baru terjadi di tahun 2024 ini. Kendati demikian, kepadatannya masih tergolong jauh lebih sedikit dibanding lebaran Idulfitri lalu.

Banyaknya jumlah penumpang jelang Iduladha itu disebutnya bisa jadi karena bersamaan dengan libur panjang dan cuti bersama. Ia juga mengakui bahwa pelayanan penyeberangan pada H-1 lebaran baru terjadi di tahun ini mengingat antusias penumpang di hari-hari sebelumnya sangat tinggi.

Kepala KSOP Kendari, Capt. Raman (baju putih) ditemani anggotanya saat memantau penumpng di pelabuhan kapal malam rute Kendari-Raha pada Minggu malam (16/6/2024).(Ismu/Sultratop.com)

Salah seorang penumpang kapal malam Kendari-Raha, Ahmad mengatakan, ia menyeberang pada H-1 lebaran karena di hari-hari sebelumnya penumpang sangat padat. Ia sengaja akan melakukan penyeberangan pada H-1 lebaran hanya untuk bisa berlebaran bersama keluarganya di kampung.

“Sebenarnya tadi malam mau berangkat tapi karena padat sekali jadi tidak sempat dapat kapal,” tutur Ahmad.

Sebagai Informasi, KSOP Kelas II Kendari mengawasi 4 terminal pelabuhan pada angkutan lebaran tersebut yaitu pelabuhan feri Kendari-Konkep, pelabuhan Nusantara, pangkalan perahu (kapal malam Kendari-Raha dan kapal Kendari-Wanci), serta pelabuhan Bungkutoko.

Dari keempat pelabuhan tersebut, KSOP Kendari menilai bahwa pelabuhan yang paling padat akan penumpang yaitu Pelabuhan Nusantara atau kapal cepat dengan rute Kendari-Raha-Baubau. (===)

 

Kontributor: Ismu Samadhani

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan