24 February 2024
Indeks

Asmo Sulsel Bagi Tips Berkendara Aman dan Nyaman di Musim Hujan

  • Bagikan
Asmo Sulses membagikan tips berkendara aman dan nyaman di musim hujan. (Foto: Istimewa)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, membagikan tips berkendara dengan aman dan nyaman di musim hujan.

Technical Service Manager Astra Motor Sulawesi Selatan, Nindyatama, mengatakan, keselamatan dan kenyamanan menjadi hal utama saat berkendara, terutama di musim hujan. Maka, sebelum berkendara, persiapkan segalanya dengan sebaik mungkin.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Kondisi jalan bakal lebih licin saat musim hujan. Belum lagi, jarak pandang kita juga sedikit banyak akan terganggu. Karena itu, kita harus mempersiapkan segala hal dengan maksimal sebelum berkendara, dan lebih hati-hati saat berkendara,” kata Nindyatama.

Hal pertama yang perlu dilakukan, kata Nindyatama, memastikan permukaan dan tekanan angin ban baik. Kondisi jalan yang lebih licin rentan terjadi kecelakaan. Apabila ban sudah halus, konsumen disarankan untuk segera menggantinya.

Selain itu, genangan air hujan akan membuat lubang di jalan tidak terlihat saat dilewati. Kalau tekanan angin ban tidak bagus atau tidak terpantau, itu berisiko membuat kebocoran pada ban.

Kemudian, Nindyatama juga menyarankan pengendara untuk rutin mengecek busi. Sebab, busi merupakan titik awal pengapian. Memastikan busi dalam keadaan kering menjadi penting bagi pengendara.

Ia melanjutkan, genangan air di jalanan berpotensi masuk ke bagian busi. Maka, harus rajin-rajin cek busi. Jika tidak, motor bisa mogok. Salah satu caranya bisa memakai kain lap agar busi tetap kering dan berjalan optimal.

Menurut Nindyatama, pengendara juga harus rajin memeriksa kondisi rem. Jika rem motor berdecit saat hujan, pengendara harus mengeceknya. Hal itu terjadi salah satunya karena rem basah atau ada pasir yang menempel.

“Supaya rem berjalan baik selama berkendara. Kita juga bisa menginjak pendal rem beberapa kali sebelum berkendara agar kampas rem kering dan terbebas dari pasir yang menempel,” tuturnya.

Terakhir, Nindyatama meminta pengendara untuk memastikan lampu, baik itu lampu depan maupun lampu rem, dalam kondisi baik. Terlebih, jarak pandang selama berkendara di saat hujan akan terganggu.

“Lampu dalam kondisi bagus akan membuat penerangan motor bagus juga. Dengan begitu, kita bisa dengan aman dan nyaman berkendara meski di saat musim hujan. Kita juga harus selalu hati-hati selama berkendara,” kata Nindyatama. (—–)

 

Editor: Ilham Surahmin

google news sultratop.com
  • Bagikan