23 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Pertamina Fuel Terminal Parepare Raih Padmamitra Award 2022, Penghargaan Diserahkan Wakil Presiden

  • Bagikan
Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Parepare mendapatkan apresiasi di ajang Padmamitra Award 2022 yang diumumkan pada Rabu, 5 Juli 2023 di Jakarta.

SULTRATOP.COM – Program pemberdayaan masyarakat Pertamina Sehati Flamboyan yang dilaksanakan oleh Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Parepare mendapatkan apresiasi di ajang Padmamitra Award 2022 yang diumumkan pada Rabu (5/7/2023) di Jakarta.

Program Pertamina Sehati Flamboyan yang berfokus pada bidang kesehatan dalam pendampingan kader posyandu untuk balita melalui pemberian makanan tambahan, pendampingan masyarakat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) melalui program Rumah Singgah serta pengembangan kelompok UMKM kader posyandu meraih penghargaan untuk kategori Ketunaan Sosial & Penyimpangan Perilaku pada Padmamitra Award 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial bekerja sama dengan Forum CSR Indonesia.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Penyerahan penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin didampingi Ketua Umum Forum CSR Indonesia, Mahir Bayasut.

Terdapat 11 kategori penghargaan antara lain, Ketunaan Sosial & Penyimpangan Perilaku, Kebencanaan, Pelestarian Lingkungan & Biodiversity, Pengentasan Kemiskinan, Keagamaan yang Inklusif, Pemberdayaan & Pengentasan Disabilitas, Kesehatan, Pendidikan yang Berkualitas, Ekonomi Digital, Penanganan Keterpencilan dan Kewirausahaan.

Sebanyak 155 perusahaan yang mendaftar dari seluruh Indonesia sepanjang September hingga Oktober 2022. Kemudian dari 115 peserta, sebanyak 69 perusahaan berhasil ke tahap selanjutnya yaitu dengan mengikuti seleksi wawancara oleh tim juri dari akademisi hingga profesional di mana pada Rabu (5/7) telah ditetapkan 20 perusahaan sebagai pemenang Padmamitra Award 2022.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan, torehan penghargaan yang diraih program CSR Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Parepare ini merupakan bukti dan komitmen perusahaan untuk terus berkontribusi dalam melestarikan lingkungan serta mendorong kemandirian ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi dan tidak hanya mengedepankan profit semata.

“Kami sadar betul, bahwa perusahaan dan peran serta masyarakat di lingkungan operasi sangat diperlukan dan harus berjalan berkesinambungan, kami berupaya melalui program-program CSR yang tepat sasaran dan menjawab permasalahan sosial di wilayah kami dapat membantu masyarakat. Kami harapkan adanya pengakuan melalui penghargaan yang kami dapatkan bisa menambah semangat kami dan kelompok masyarakat tersebut untuk terus menebar manfaat kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Lebih lanjut Fahrougi menambahkan, program Pertamina Sehati Flamboyan ini sudah diinisiasi sejak 2018. Salah satu aktor penting yaitu biasa disebut local hero Pertamina yang menggagas dan bergerak untuk masyarakat yakni Ibu Naomi Sampeangin.

Ibu Naomi telah mengawali kiprahnya sebagai kader posyandu dan sampai saat ini bersama kelompok Pertamina Sehati Flamboyan terus bergerak untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Kelurahan Ujunglare, Kecamatan Soreang, Kota Parepare melalui program-program Posyandu dan Rumah Singgah ODGJ yang dijalankan.

“Di usia yang sudah tidak muda lagi lebih dari 70 tahun, local hero kami Ibu Naomi terus membagikan dan menebarkan semangat positif bagi masyarakat agar masyarakat dapat meningkatkan kualitas kesehatan melalui sosialisasi kesehatan, pemberian makanan tambahan bagi balita, melakukan pendampingan ODGJ di Rumah Singgah bahkan kelompok Flamboyan ini membuat UMKM usaha Pilus Ikan Tuna yang di mana sebagian keuntungannya disisihkan untuk pemberian makanan tambahan bagi balita secara gratis di Kelurahan Ujunglare. Semoga program CSR positif yang berkelanjutan ini dapat terus berjalan dan menyebarkan manfaat,” tutur Fahrougi.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Ma’ruf Amin mengatakan apresiasinya atas kontribusi CSR dalam pembangunan berkelanjutan dan upaya menyejahterakan rakyat dan diharapkan penghargaan ini menjadi pemantik motivasi agar program CSR makin maslahat dan kerjasama diperkuat untuk memakmurkan umat.

Selain itu, Plt Dirjen Dayasos Kementerian Sosial RI Beni Sujanto melalui keterangan resminya menyampaikan bahwa Padmamitra Award sebagai bentuk apresiasi kepada dunia usaha meliputi Perusahaan Swasta, BUMN, dan BUMD yang telah berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial di Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Padmamitra Award 2022, Rio Zakarias W. menambahkan, “Padmamitra Award 2022 memiliki unsur penting dalam pelaksanaannya yakni sebagai apresiasi atas kepedulian pelaku usaha terhadap penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Selain itu, terlaksananya Padmamitra Award 2022 adalah upaya menumbuhkan motivasi dan keteladanan di kalangan dunia usaha,” kata Rio. (—–)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan