23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Menteri Amran Serahkan Ribuan Bibit Komoditas Pertanian dan Perkebunan di Konawe

  • Bagikan
Mentan Amran Sulaiman menyerahkan bantuan bibit komoditas pertanian dan perkebunan serta sejumlah peralatan pertanian untuk kelompok tani di Kabupaten Konawe, Sultra, pada Kamis (11/1/2024). (Foto: Istimewa)

SULTRATOP.COM, KONAWE – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menyerahkan ribuan bibit komoditas pertanian dan perkebunan serta sejumlah peralatan pertanian untuk kelompok tani di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bantuan tersebut diberikan saat melakukan kunjungan kerja, Kamis (11/1/2024). Selain bantuan bibit, ia juga memberi sejumlah bantuan berupa pupuk, traktor besar 5 unit, traktor roda dua 20 unit, kombain 5 unit, KTP untuk pengganti kartu tani.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Bantuan tersebut kata dia, merupakan bentuk apresiasi Presiden Joko Widodo atas kinerja Menteri Pertanian bersama jajarannya. Secara rinci bibit padi sebanyak 10.000 dan untuk 3.000 hektare, bibit jagung untuk lahan seluas 1.000 hektare dan kopi 100 hektare.

Tak hanya itu, Amran juga memberikan bantuan benih jagung sebesar Rp20,47 miliar se-Sultra yang diserahkan secara simbolik kepada Sekda Sultra Asrun Lio.

Amran Sulaiman menyampaikan bahwa bantuan ini bisa digunakan sebaik-baiknya sehingga dapat menjadikan Konawe sebagai lumbung pangan nasional. Secara khusus ia meminta ke Dandim dan Kapolres serta Kejari setempat untuk tidak melakukan penangkapan kepada petani yang membeli bahan bakar untuk kebutuhan petani.

“Jangan dipersulit akan menghambat produktivitas pertanian dan akibatnya akan membuat produksi pertanian di Kabupaten Konawe sia-sia,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba menyampaikan apresiasi ke Menteri Pertanian atas bantuan yang diberikan. Ia menegaskan bahwa keinginan untuk swasembada pangan di Konawe bisa terwujud dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat setempat. (—–)

Penulis: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan