28 May 2024
Indeks

Kantor Bahasa Mulai Revitalisasi Bahasa Daerah Tolaki

  • Bagikan
Kepala Kantor Bahasa Sultra, Uniawati

SULTRATOP.COM, KENDARI – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melakukan revitalisasi Bahasa Daerah Tolaki pada 2024 ini.

Kepala Kantor Bahasa Sultra, Uniawati mengatakan bahwa upaya revitaliasi telah dilakukan sejak tahun-tahun sebelumnya karena menjadi program prioritas Badan Bahasa yaitu perlindungan bahasa dan sastra.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Upaya-upaya itu bisa kita wujudkan misalnya dalam penerbitan majalah, yang di dalamnya selain memuat bahasa Indonesia juga dilengkapi dengan bahasa daerahnya,” tutur Uniawati di sela-sela rapat koordinasi para pemangku kepentingan revitalisasi bahasa daerah tahun 2024 di Kantor Gubernur Sultra, Senin (26/2/2024).

Ia mengaku bahwa revitalisasi terhadap Bahasa Tolaki dilakukan dengan pertimbangan status vitalitas bahasa. Bahasa Tolaki sudah mengalami kemunduran.

Selain itu, Bahasa Tolaki juga dibutuhkan hampir separuh kabupaten kota yang ada di Sultra yaitu 7 kabupaten kota yang menjadi wilayah tutur Bahasa Tolaki.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan (Kapusbanglin) Bahasa dan Sastra, Imam Budi Utomo mengatakan bahwa revitalisasi merupakan bagian dadi perlindungan bahasa daerah.

“Jadi, ini adalah upaya untuk memvitalkan kembali dengan asumsi bahwa bahasa daerah sudah mengalami kemunduran, rentan, terancam punah kritis, bahkan sudah ada yang punah,” tuturnya.

Kata Imam, 11 bahasa daerah di Indonesia tepatnya di Maluku dan Papua sudah mengalami kepunahan. Untuk itu, tahun 2024, revitalisasi bahasa daerah dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia.

Tahun ini, ada penambahan 12 provinsi dari tahun sebelumnya dilaksanakan di 26 provinsi. Kebijakan untuk menentukan bahasa daerah mana yang akan direvitalisasi adalah wewenang pemda dan kantor bahasa dengan berbagai pertimbangan.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Sultra Asrun Lio mengatakan bahwa pihak Pemprov Sultra akan mengupayakan agar bahasa daerah yang terancam punah bisa berjaya kembali.

Kendati demikian, revitalisasi bahasa daerah yang ada di Sultra akan dilakukan secara bertahap. Tahun ini difokuskan pada revitalisasi Bahasa Daerah Tolaki. (===)

 

Kontributor: M1



google news sultratop.com
  • Bagikan