19 April 2024
Indeks

Dukung Promosi Tenun, BPR Bahteramas Konawe Siapkan Seragam untuk Karyawan

  • Bagikan
Dukung Promosi Tenun, BPR Bahteramas Konawe Siapkan Seragam untuk Karyawan
IFW 2024 - Foto bersama Direktur BPR Bahteramas Konawe Ahmat (tengah) bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Konawe Trinop Tijasari Harmin (tengah) dan jajaran pengurus Dekranasda Kabupaten Konawe dalam acara Indonesai Fashion Week di Jakarta pada 29 Maret 2024. (ISTIMEWA)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Dalam rangka mendukung promosi kain tenun, Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Bahteramas Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menyiapkan seragam untuk karyawan.

Direktur Utama (Dirut) BPR Bahteramas Konawe Ahmat mengatakan, komitmen ini merupakan bentuk dukungan dan kerja sama yang telah terjalin antara BPR Bahtermas dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Konawe.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Saya sekitar dua hari lalu hadir dalam event Indonesia Fashion Week di Jakarta. Dimana tenun-tenun asal Sultra diperagakan oleh para model dan salah satunya adalah Konawe,” kata Ahmat saat ditemui di Kendari, Minggu (31/1/2024).

Kata dia, keindahan motif tenun asal Sultra tidak kalah dengan tenun dari daerah lain. Apalagi dengan sentuhan desain yang lebih kekinian membuatnya fleksibel untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari yang tidak hanya pada acara formal saja.

Sehingga, ke depan BPR Bahtermas Konawe berencana akan menggelar event fashion tenun yang pesertanya dari 12 BPR Bahteramas se-Sultra dan umum. Pemenang dari kategori BPR Bahteramas akan menjadi baju seragam seluruh karyawan BPR Bahteramas.

“Kita buka dua kategori, nanti setiap BPR silahkan berkreasi membawakan tenun khas dari daerah masing-masing. Yang menang itu yang akan kita pilih,” ujar Ahmad.

Ketua Dekranasda Kabupaten Konawe Trinop Tijasari Harmin menampilkan sejumlah model busana berbahan dasar kain tenun hasil kolaborasi bersama desainer lokal Julie Kaimuddin.

Motif Bunga Padi atau Pine Wine Mbae dalam bahasa lokal Konawe menjadi salah satu motif unggulan Dekranasda Konawe saat tampil dalam acara Indonesia Fashion Week 2024 ini.

Selain dua motif itu ada pula motif bunga pakis dan orang sawah. Trinop menjelaskan menggunakan konsep 3B dalam busana tersebut yakni Bangga, Bela dan Beli kepada generasi muda untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal khas Konawe.

Event (IFW 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada Rabu, 27 Maret 2024 yang dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Dukung Promosi Tenun, BPR Bahteramas Konawe Siapkan Seragam untuk Karyawan
Foto bersama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra H Belli bersama Dirut BPR Bahteramas Konawe Ahmat diacara IFW di Jakarta Convention Center (JCC). (ISTIMEWA)

Sultra berpartisipasi dalam dua event di ajang IFW, yakni pameran pada 27- 31 Maret dan fashion show. Penampilan Sultra dikoordinir langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio dengan mengikutsertakan sejumlah Dekranasda Kabupaten/Kota.

Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto dan Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio juga turut menyaksikan langsung pagelaran fashion show itu.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra Belli mengatakan, Sultra telah berpartisipasi dalam ajang IFW sejak tahun 2017 silam, dengan stakeholder utama Dekranasda. Ajang ini merupakan promosi strategis bagi produk kreatif unggulan Sultra, yakni tenunan khas daerah.

Dijelaskan, fashion Sultra berkolaborasi Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) Pusat, desainer nasional dan desainer lokal yang tergabung dalam APPMI Sultra.

 

Penulis: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan