26 May 2024
Indeks

Tanaman Berbahaya Sandbox Tree, Getahnya Beracun dan Buahnya Meledak Seperti Bom

  • Bagikan
Sandbox tree atau pohon buah roda. (Sumber gambar: patrika.com)

SULTRATOP.COM – Pohon sandbox tree atau dynamite tree merupakan jenis tanaman yang batangnya penuh duri dan buahnya mirip labu. Sandbox tree (Hura crepitans) merupakan pohon besar dalam keluarga spurge (Euphorbiaceae) yang berasal dari sebagian besar hutan Amazon. Di Indonesia, nama tanaman ini adalah pohon buah roda.

Dikutip dari laman britannica, pohon sandbox tree adalah salah satu pohon terbesar di Amerika tropis. Pohon ini menarik karena kapsul biji berbentuk labu yang meledak dengan suara keras dan menyebarkan bijinya.

Iklan Astra Honda Sultratop

Daun, kulit kayu, dan biji pohon sandbox tree beracun serta ledakan kapsulnya yang cukup kuat dapat melukai orang atau ternak. Pohon jenis ini memiliki tinggi hampir 30 meter (100 kaki).

Batang pohonnya bertabur duri pendek berbentuk kerucut. Sementara, daunnya berwarna hijau tua dan bertangkai panjang menutupi pohon yang bercabang tinggi.

Buah dari pohon sandbox tree ini berbentuk bundar, berlekuk menjadi 15 bagian, berdiameter 7,6 sentimeter (3 inci). Meski berbahaya, pohon ini tetap memiliki kegunaan. Karena beracun maka dahulu beberapa kelompok pribumi mencampur getah beracunnya dengan pasir untuk membius ikan.

Mengapa dinamakan sandbox tree? Sandbox tree artinya pohon kotak pasir. Sebab pada zaman dahulu bagian dari tanaman ini digunakan para penjajah kolonial Inggris sebagai kotak pasir untuk menghilangkan tinta.

Kendati memiliki manfaat, pohon sandbox tree sangatlah berbahaya dan tidak dianjurkan mendekati pohon ini ketika berbuah. Sebab setelah matang buah ini meledak seperti bom. Ledakannya (ledakan buah) sangat cepat, karena itu bijinya tersebar jarak jauh.

Dikutip dari laman patrika.com, hal yang mengejutkan dari ledakan buah sandbox tree adalah jika seseorang masuk ke dalam cengkeramannya maka dia bisa terluka parah. Segala sesuatu dari pohon ini sangatlah berbahaya.

Menurut informasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), spesies pohon buah roda disebut “kuku harimau” karena buahnya mirip dengan capit harimau. Ciri khas spesies ini adalah adanya getah susu yang beracun.

Tanaman Sandbox Tree atau pohon buah roda ternyata telah dibudidayakan sebagai tanaman peneduh dan hias. Tanaman ini juga digunakan untuk menyembuhkan maag kronis dan pencahar. Pohon ini pertama kali dikumpulkan oleh Kebun Raya Bogor pada tahun 1975. (===)



google news sultratop.com
  • Bagikan