16 June 2024
Indeks
Iklan Dispar Sultra Jelajahi Sulawesi Tenggara

5 Langkah Kecil untuk Menyelamatkan Lautan

  • Bagikan
Ilustrasi Lautan (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Kurang lebih 71 persen dari luas bumi berupa lautan. Lautan begitu penting bagi kehidupan manusia karena memiliki banyak manfaat.

Lautan menjadi sumber makanan bagi manusia, sumber mata pencaharian, hingga mengatur iklim.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Begitu pentingnya lautan sehingga menjadi tanggung jawab bersama untuk melindungi laut.

Berikut lima langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk membantu melindungi lautan.

1. Gunakan lebih sedikit produk plastik

Salah satu ancaman terbesar lautan adalah sampah plastik. Menurut penelitian, sekitar 17,6 miliar pon plastik masuk ke laut setiap tahun. Itu setara dengan membuang truk sampah penuh plastik ke lautan setiap menit.

Plastik yang berakhir sebagai sampah laut berkontribusi terhadap perusakan habitat dan menjerat serta membunuh puluhan ribu hewan laut setiap tahun.

Untuk membatasi dampak tersebut, mulailah dengan menggunakan sedikit produk plastik. Bawalah botol air yang dapat digunakan kembali, menyimpan makanan dalam wadah yang tidak dapat dibuang.

Kemudian membawa tas jinjing sendiri atau tas lain yang dapat digunakan kembali saat berbelanja, dan daur ulang sampah plastik jika memungkinkan.

2. Kurangi jejak karbon

Karbondioksida yang termasuk gas rumah kaca membuat lautan lebih asam. Hal ini berkontribusi merusak karang dalam skala global karena kerangka kalsium karang melemah akibat meningkatnya keasaman air.

Mengurangi jejak karbon dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa langkah sederhana. Misalnya mengendarai sepeda, berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum saat bepergian daripada mengendarai mobil pribadi.

Kemudian matikan lampu saat meninggalkan ruangan atau saat tidak dibutuhkan.

Beli makanan laut yang ditangkap secara berkelanjutan. Hal itu lebih baik daripada protein berbasis lahan seperti daging sapi.

3. Hindari produk yang merusak laut

Ada banyak produk yang terkait langsung dengan spesies langka atau terancam punah, metode penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan, dan polusi.

Misalnya, hindari kosmetik yang mengandung squalene hiu, perhiasan yang terbuat dari koral atau cangkang penyu, suvenir cangkang keong, nautilus, dan hewan lainnya, serta plastik sekali pakai seperti sedotan dan botol air yang dapat berakhir di lautan.

Produk-produk ini mendukung penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan dan mengancam spesies dan ekosistem penting laut.

4. Bantu merawat pantai

Langkah sederhana berikutnya yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan laut adalah berpartisipasi membantu merawat pantai.

Apa pun aktivitas yang dilakukan di pantai, pastikan saat pergi tak ada sampah yang tersisa.

Jelajahi dan hargai lautan tanpa mengganggu satwa liar atau menghilangkan bebatuan dan karang.

Lebih jauh lagi dengan mendorong orang lain untuk menghormati lingkungan laut.

5. Mendukung organisasi yang bekerja untuk melindungi lautan

Banyak lembaga dan organisasi yang berjuang untuk melindungi habitat margasatwa laut.

Pertimbangkan memberikan dukungan keuangan bagi lembaga atau organisasi tersebut atau menjadi sukarelawan untuk pekerjaan langsung atau advokasi. (—)

 

Sumber: Oceana and National Geographic

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan